Analisis Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMP se-Kecamatan Simanindo Tahun Ajaran 2022/2023

Sinaga, Depi (2023) Analisis Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMP se-Kecamatan Simanindo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 3181131007_Cover.pdf] Text
3181131007_Cover.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 3181131007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3181131007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 3181131007_Abstrak.pdf] Text
3181131007_Abstrak.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 3181131007_Kata_Pengantar.pdf] Text
3181131007_Kata_Pengantar.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 3181131007_Daftar_Isi.pdf] Text
3181131007_Daftar_Isi.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 3181131007_Daftar_Tabel.pdf] Text
3181131007_Daftar_Tabel.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 3181131007_Daftar_Gambar.pdf] Text
3181131007_Daftar_Gambar.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 3181131007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3181131007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 3181131007_BAB_I.pdf] Text
3181131007_BAB_I.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 3181131007_BAB_VI.pdf] Text
3181131007_BAB_VI.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 3181131007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3181131007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran kompetensi profesional Guru kelas VIII pada Pembelajaran IPS Terpadu se-Kecamatan Simanindo, (2) kendala yang dialami oleh Guru IPS Terpadu dalam menerapkan Kompetensi Profesional di SMP se-Kecamatan Simanindo.

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Se-Kecamatan Simanindo pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023, dengan populasi yaitu seluruh guru kelas VIII mata pelajaran IPS Terpadu yang berjumlah 6 orang guru dan seluruhnya dijadikan sebagai (sampel total). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan angket dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara keseluruhan Kompetensi Profesional Guru pada Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Se-Kecamatan Simanindo Tahun Ajaran 2022/2023 tergolong kategori Baik (81,85%). Namun jika dilihat dari (a) aspek penguasaan materi, struktur dan konsep sebesar (80,39%) kategori Baik, (b) penguasaan kompetensi inti dan kompetensi dasar sebesar (80,74%) kategori baik, (c) penguasaan mengembangkan materi secara kreatif sebesar (88,54%) kategori baik, (d) penguasaan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan sebesar (87,85%) kategori baik, dan (e) penguasaan terhadap pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebesar (78,75%) kategori cukup. Namun demikian (2) kendala utama dalam pengembangan profesionalisme guru yakni kurangnya kemauan untuk pengembangan diri secara mandiri terkait dengan (a) pengemasan materi dan bahan pembelajaran, (b) perancangan media berbasis digital, (c) perancangan alat evaluasi yang representatif baik luring maupun daring yang beragam dan (d) kemauan mengikuti pelatihan pembelajaran baik digital maupun nondigital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kompetensi, Profesional Guru, Pembelajaran IPS Terpadu
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 15 May 2024 05:25
Last Modified: 15 May 2024 05:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56834

Actions (login required)

View Item
View Item