Utari, Widya (2023) Pengembangan Media Evaluasi Dalam Bentuk Kuis Interaktif Berbasis Aplikasi Classpoint Pada Materi Kritik Karya Seni Rupa Kelas X MAN Asahan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192451003 COVER.pdf
Download (75kB)
2. NIM.2192451003 APPROVAL SHEET.pdf
Download (552kB)
3. NIM.2192451003 ABSTRACT.pdf
Download (184kB)
4. NIM.2192451003 PREFACE.pdf
Download (205kB)
5. NIM.2192451003 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (100kB)
6. NIM.2192451003 LIST OF FIGURE.pdf
Download (70kB)
7. NIM.2192451003 LIST OF TABLE.pdf
Download (70kB)
8. NIM.2192451003 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (70kB)
9. NIM.2192451003 CHAPTER I.pdf
Download (271kB)
13. NIM.2192451003 CHAPTER V.pdf
Download (108kB)
14. NIM.2192451003 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (265kB)
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pengembangan media evaluasi dalam bentuk kuis interaktif berbasis aplikasi Classpoint untuk siswa MAN Asahan kelas X Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui kelayakan media evaluasi kuis interaktif berbasis aplikasi Classpoint pada materi kritik karya seni rupa, 2) Mengetahui kefeektifan media evaluasi kuis interaktif berbasis aplikasi
Claspoint pada materi kritik karya seni rupa bagi peserta didik, 3) Mengetahui kepraktisan media evaluasi kuis interaktif berbasis aplikasi Classpoint bagi peserta
didik. Penelitian ini menggunakan sampel 9 orang uji kelompok kecil dan 21 orang uji kelompok besar dengan metode Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan (1974). Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, media, dan guru seni budaya serta kuis interaktif pada peserta didik. Hasil penelitiian menunjukkan bahwa pengembangan media evaluasi dalam bentuk kuis interaktif berbasis aplikasi Classpoint pada materi kritik karya seni rupa kelas X MAN Asahan tergolong dalam kategori “Sangat Baik”. Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian ahli materi yang memperoleh skor 89,33% yang dikategorikan sangat baik. Hasil dari penilaian ahli media
memperoleh skor 84,85% yang dikategorikan sangat baik. Dapat dilihat juga dari hasil uji coba produk pada kelompok kecil yang mencapai skor 83,33% dan uji coba kelompok besar dengan skor 84,90% yang dikategorikan sangat tinggi. Respon siswa pada uji coba kelompok kecil mencapai skor 88,33% dan uji coba kelompok besar mencapai skor 90,71% yang dikategorikan sangat menarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media evaluasi berbasis aplikasi Classpoint yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif dalam evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Evaluasi, Kuis Interaktif, Berbasis Aplikasi Classpoint, Krtik karya Seni Rupa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR57 Criticism |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 15 May 2024 08:48 |
Last Modified: | 15 May 2024 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56832 |