PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Radani, Tharisya Annida (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193311037_Cover.pdf] Text
4193311037_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4193311037_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311037_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 4193311037_Abstrak.pdf] Text
4193311037_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4193311037_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311037_Kata_Pengantar.pdf

Download (908kB)
[thumbnail of 4193311037_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311037_Daftar_Isi.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 4193311037_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193311037_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4193311037_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311037_Daftar_Tabel.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 4193311037_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311037_Daftar_Lampiran.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4193311037_BAB_I.pdf] Text
4193311037_BAB_I.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 4193311037_BAB_V.pdf] Text
4193311037_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4193311037_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311037_Daftar_Pustaka.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dikelas VIII-1 SMP Negeri 2 Namo Rambe. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Namo Rambe T.P 2022/2023 yang sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini merupakan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada materi peluang. Pembelajaran model discovery learning dengan enam langkah yaitu stimulation (memberi stimulus), problem statement (mengidentifikasi masalah), data collecting (mengumpulkan data), data processing (mengolah data), verification (memverifikasi), dan generalization (menyimpulkan). Instrumen yang digunakan tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diakhir setiap siklus. Berdasarkan analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dari 70,57 di siklus I menjadi 82,6 di siklus II, dengan persentase ketuntasan klasikal 56,25% di siklus I menjadi 87,5% di siklus II. Hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengolah pembelajara meningkat dari 2,53 di siklus I menjadi 3,4 di siklus II. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada materi peluang di kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Namo Rambe

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemahaman konssep; Matematika; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 15 May 2024 07:36
Last Modified: 15 May 2024 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56825

Actions (login required)

View Item
View Item