Radani, Tharisya Annida (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193311037_Cover.pdf
Download (43kB)
4193311037_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (537kB)
4193311037_Abstrak.pdf
Download (64kB)
4193311037_Kata_Pengantar.pdf
Download (908kB)
4193311037_Daftar_Isi.pdf
Download (246kB)
4193311037_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
4193311037_Daftar_Tabel.pdf
Download (317kB)
4193311037_Daftar_Lampiran.pdf
Download (213kB)
4193311037_BAB_I.pdf
Download (362kB)
4193311037_BAB_V.pdf
Download (83kB)
4193311037_Daftar_Pustaka.pdf
Download (175kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dikelas VIII-1 SMP Negeri 2 Namo Rambe. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Namo Rambe T.P 2022/2023 yang sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini merupakan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada materi peluang. Pembelajaran model discovery learning dengan enam langkah yaitu stimulation (memberi stimulus), problem statement (mengidentifikasi masalah), data collecting (mengumpulkan data), data processing (mengolah data), verification (memverifikasi), dan generalization (menyimpulkan). Instrumen yang digunakan tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diakhir setiap siklus. Berdasarkan analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dari 70,57 di siklus I menjadi 82,6 di siklus II, dengan persentase ketuntasan klasikal 56,25% di siklus I menjadi 87,5% di siklus II. Hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengolah pembelajara meningkat dari 2,53 di siklus I menjadi 3,4 di siklus II. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada materi peluang di kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Namo Rambe
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman konssep; Matematika; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 15 May 2024 07:36 |
Last Modified: | 15 May 2024 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56825 |