PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 8 PERCUT SEI TUAN

Nursyaadah, Alfin (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 8 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111043_Cover.pdf] Text
4193111043_Cover.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4193111043_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111043_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 4193111043_Abstrak.pdf] Text
4193111043_Abstrak.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4193111043_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111043_Kata_Pengantar.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 4193111043_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111043_Daftar_Isi.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 4193111043_BAB_I.pdf] Text
4193111043_BAB_I.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of 4193111043_BAB_V.pdf] Text
4193111043_BAB_V.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 4193111043_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111043_Daftar_Pustaka.pdf

Download (262kB)

Abstract

Studi ini dimaksudkan guna mengetahui seberapa baik murid yang belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran generatif dalam mengatasi masalah matematika, serta seberapa besar dampak model pembelajaran generatif terhadap murid kelas VIII SMPN 8 Percut Sei Tuan. Peneliti memakai metodologi kuantitatif dan desain eksperimental untuk studi ini. Populasi yang dipakai ialah seluruh murid kelas VIII yang ada di SMPN 8 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan murid sebanyak 165 murid. Studi ini mengambil sampel sebanyak 2 kelas dari 5 jumlah keseluruhan kelas yaitu kelas VIII-1 sebanyak 32 murid sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebanyak 32 murid sebagai kelas kontrol dengan memakai teknik simple random sampling. Studi ini dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dengan pertemuan kesatu pemberian pretest, pertemuan kedua dan ketiga diberi perlakuan yaitu pembelajaran luas permukaan dan volume bangun datar bersisi datar seperti kubus, balok, prisma, dan limas dilakukan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran generatif, dan pada kelas kontrol dengan pendekatan pembelajaran tradisional. Sebelum diberikan perlakuan, peneliti menyuguhkan soal pretest pada murid untuk mengetahui kemampuan awal murid tersebut. Dan pada pertemuan keempat dilaksanakan posttest untuk kedua kelas dengan tujuan melihat ada kenaikan kemampuan pemecahan masalah matematika murid setelah diberikan perlakuan. Setelah dilaksanakan studi, dilaksanakan pengumpulan data dengan bantuan instrument yang telah disediakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis murid. Data yang telah didapat akan dipakai untuk menguji hipotesis studi dengan memakai uji-t. Dari hasil analisis yang telah dilaksanakan peneliti didapat, dan dengan diperoleh yang berarti yaitu . Dari hasil yang telah didapatkan menampilkan bahwa H1 diterima dan H0 di tolak yang artinya adanya dampak positif pada penggunaan gaya pembelajaran generatif pada kemampuan pemecahan masalah matematis murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Nur p
Keywords: Pembelajaran generatif; Pemecahan masalah matematis; Luas permukaan; Volume; Bangun ruang sisi datar; Kubus; Balok; Prisma; Limas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 May 2024 04:09
Last Modified: 09 Jun 2024 14:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56808

Actions (login required)

View Item
View Item