Rofila, Syaida (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN COLLABORATIVE SKILL SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONPADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193341036_Cover.pdf
Download (79kB)
4193341036_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (710kB)
4193341036_Abstrak.pdf
Download (119kB)
4193341036_Kata_Pengantar.pdf
Download (101kB)
4193341036_Daftar_Isi.pdf
Download (185kB)
4193341036_Daftar_Gambar.pdf
Download (69kB)
4193341036_Daftar_Tabel.pdf
Download (89kB)
4193341036_Daftar_Lampiran.pdf
Download (73kB)
4193341036_BAB_I.pdf
Download (350kB)
4193341036_BAB_V.pdf
Download (96kB)
4193341036_Daftar_Pustaka.pdf
Download (194kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif dan collaborative skill siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Student Teams Achievement Division pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Beringin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan pre-test dan post-test, Nonequivalent Multiple-Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Beringin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel berjumlah 57 siswa. Penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Beringin dan observasi pada collaborative skill siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung = 2,004 > ttabel = 2,540 dan pada nilai signifikansi yaitu 0,014 < 0,05 dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Beringin. Berdasarkan rata-rata (mean) hasil belajar kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model TPS adalah 82,2. Sedangkan rata-rata (mean) hasil belajar untuk kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model STAD adalah 75,9. Pada collaborative skill siswa didapatkan Pada kelas TPS memiliki rata rata nilai sebesar 78,8 sedangkan pada kelas STAD memiliki rata rata sebesar 70,6 menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas TPS lebih tinggi di bandingkan kelas STAD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Pelajaran fisika; Sistem ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 15 May 2024 03:00 |
Last Modified: | 15 May 2024 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56797 |