PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Habibi, Syahir Sasri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111040_Cover.pdf] Text
4193111040_Cover.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4193111040_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111040_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 4193111040_Abstrak.pdf] Text
4193111040_Abstrak.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4193111040_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111040_Kata_Pengantar.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 4193111040_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111040_Daftar_Isi.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4193111040_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111040_Daftar_Gambar.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 4193111040_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111040_Daftar_Tabel.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4193111040_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111040_Daftar_Lampiran.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4193111040_BAB_I.pdf] Text
4193111040_BAB_I.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 4193111040_BAB_V.pdf] Text
4193111040_BAB_V.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4193111040_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111040_Daftar_Pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII. Desain penelitian ini menggunakan quasi-experimental designs berjenis nonequivalent control group designs dan dilaksanakan pada 22 Mei s.d. 31 Mei 2023 di SMP Swasta Islam Setia Nurul Azmi. Dalam penelitian ini terdapat dua sampel, yaitu kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran brain based learning berbantuan brain gym sedangkan kelompok kontrol diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang disesuaikan dengan indikator kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji T, diperoleh nilai � ������ ������ ������ sebesar 2,491 dan nilai � ����� ����� ����� ����� pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan 62 sebesar 1,67 . Selanjutnya nilai nilai � ������ ������ ������ akan dibandingkan dengan � ����� ����� ����� ����� . Karena � ������ ������ ������ > � ����� ����� ����� ����� = 2,491 > 1,67 , maka � � diterima dan � � ditolak sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran brain based learning berbantuan brain gym berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Komunikasi; Model pembelajaran; Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 15 May 2024 02:30
Last Modified: 15 May 2024 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56790

Actions (login required)

View Item
View Item