Habibi, Syahir Sasri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193111040_Cover.pdf
Download (104kB)
4193111040_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (392kB)
4193111040_Abstrak.pdf
Download (236kB)
4193111040_Kata_Pengantar.pdf
Download (284kB)
4193111040_Daftar_Isi.pdf
Download (186kB)
4193111040_Daftar_Gambar.pdf
Download (105kB)
4193111040_Daftar_Tabel.pdf
Download (80kB)
4193111040_Daftar_Lampiran.pdf
Download (79kB)
4193111040_BAB_I.pdf
Download (574kB)
4193111040_BAB_V.pdf
Download (171kB)
4193111040_Daftar_Pustaka.pdf
Download (229kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII. Desain penelitian ini menggunakan quasi-experimental designs berjenis nonequivalent control group designs dan dilaksanakan pada 22 Mei s.d. 31 Mei 2023 di SMP Swasta Islam Setia Nurul Azmi. Dalam penelitian ini terdapat dua sampel, yaitu kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran brain based learning berbantuan brain gym sedangkan kelompok kontrol diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang disesuaikan dengan indikator kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji T, diperoleh nilai � ������ ������ ������ sebesar 2,491 dan nilai � ����� ����� ����� ����� pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan 62 sebesar 1,67 . Selanjutnya nilai nilai � ������ ������ ������ akan dibandingkan dengan � ����� ����� ����� ����� . Karena � ������ ������ ������ > � ����� ����� ����� ����� = 2,491 > 1,67 , maka � � diterima dan � � ditolak sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran brain based learning berbantuan brain gym berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi; Model pembelajaran; Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 15 May 2024 02:30 |
Last Modified: | 15 May 2024 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56790 |