Nababan, Suryani (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193311069_Cover.pdf
Download (218kB)
4193311069_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (434kB)
4193311069_Abstrak.pdf
Download (168kB)
4193311069_Kata_Pengantar.pdf
Download (203kB)
4193311069_Daftar_Isi.pdf
Download (422kB)
4193311069_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
4193311069_Daftar_Tabel.pdf
Download (248kB)
4193311069_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
4193311069_BAB_I.pdf
Download (543kB)
4193311069_BAB_V.pdf
Download (203kB)
4193311069_Daftar_Pustaka.pdf
Download (180kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Medan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Medan yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I, diperoleh bahwa hanya 11 siswa (42,30%) yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu siswa memperoleh nilai ≥ 70. Dari hasil tersebut, dinyatakan bahwa ketuntasan klasikal kelas belum mencapai kriteria minimal ≥ 85% (banyak siswa yang kemampuan komunikasinya minimal kriteria cukup adalah minimal 85%). Setelah tindakan di siklus II, pada hasil tes kemampuan komunikasi matematis II diperoleh ada 23 siswa (88,46%) siswa sudah mencapai standar komunikasi yang di targetkan, yaitu memperoleh nilai ≥ 70. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 12 siswa atau 46.16% dan berdasarkan hasil tersebut maka persentase ketuntasan klasikal ini sudah memenuhi standar yang sudah ditentukan. Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi siklus I yaitu 64,95 dan meningkat menjadi 79,44 pada siklus II sehingga diperoleh peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 14,49. Berdasarkan uraian-uraian diatas disimpulkan bahwa komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi matematis; Proses pembelajaran; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 15 May 2024 02:18 |
Last Modified: | 15 May 2024 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56788 |