PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY(TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PANCUR BATU

Ginting, Sri Windi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY(TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PANCUR BATU. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191111044_Cover.pdf] Text
4191111044_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4191111044_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111044_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 4191111044_Abstrak.pdf] Text
4191111044_Abstrak.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4191111044_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111044_Kata_Pengantar.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4191111044_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111044_Daftar_Isi.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4191111044_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111044_Daftar_Gambar.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4191111044_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111044_Daftar_Tabel.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4191111044_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111044_Daftar_Lampiran.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 4191111044_BAB_I.pdf] Text
4191111044_BAB_I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 4191111044_BAB_V.pdf] Text
4191111044_BAB_V.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4191111044_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111044_Daftar_Pustaka.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu (2) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu yang terdiri dari 7 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan komunikasi matematis siswa berupa pretest dan posttest. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan bantuan aplikasi Statistical Program for Social Science (SPSS) 22. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Levene. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yaitu 81,09 sedangkan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol 71,06. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai �ℎ����� (3,840)> ������ (1,9989) dengan tingkat Sig. 2-tailed 0,00 < 0,05, terdapat perbedaan signifikan rata-rata kemampuan komunikasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria pengujian �� diterima, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan hasil uji effect size diperoleh nilai besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) sebesar 0,96 dengan persentase 82% terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu T.A. 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Komunikasi Matematis; Siswa; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 14 May 2024 03:45
Last Modified: 14 May 2024 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56728

Actions (login required)

View Item
View Item