Ginting, Sri Windi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY(TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PANCUR BATU. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191111044_Cover.pdf
Download (41kB)
4191111044_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (527kB)
4191111044_Abstrak.pdf
Download (242kB)
4191111044_Kata_Pengantar.pdf
Download (216kB)
4191111044_Daftar_Isi.pdf
Download (167kB)
4191111044_Daftar_Gambar.pdf
Download (79kB)
4191111044_Daftar_Tabel.pdf
Download (137kB)
4191111044_Daftar_Lampiran.pdf
Download (81kB)
4191111044_BAB_I.pdf
Download (447kB)
4191111044_BAB_V.pdf
Download (175kB)
4191111044_Daftar_Pustaka.pdf
Download (165kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu (2) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu yang terdiri dari 7 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan komunikasi matematis siswa berupa pretest dan posttest. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan bantuan aplikasi Statistical Program for Social Science (SPSS) 22. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Levene. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yaitu 81,09 sedangkan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol 71,06. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai �ℎ����� (3,840)> ������ (1,9989) dengan tingkat Sig. 2-tailed 0,00 < 0,05, terdapat perbedaan signifikan rata-rata kemampuan komunikasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria pengujian �� diterima, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan hasil uji effect size diperoleh nilai besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) sebesar 0,96 dengan persentase 82% terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu T.A. 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Matematis; Siswa; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 14 May 2024 03:45 |
Last Modified: | 14 May 2024 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56728 |