HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN

Samosir, Agnes Eveline (2023) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111013_Cover.pdf] Text
4193111013_Cover.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 4193111013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4193111013_Abstrak.pdf] Text
4193111013_Abstrak.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4193111013_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111013_Kata_Pengantar.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4193111013_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111013_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111013_BAB_I.pdf] Text
4193111013_BAB_I.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4193111013_BAB_V.pdf] Text
4193111013_BAB_V.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 4193111013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (112kB)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar seringkali menjadi tantangan serius dalam pengembangan akademis seseorang. Penggunaan media sosial yang berlebihan mampu memiliki dampak positif maupun negatif terhadap motivasi belajar, tergantung kebijakan pemakaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran hubungan penggunaan media sosial dengan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel terdiri dari 58 siswa kelas VIII yang diberi suplemen video terkait materi pembelajaran disekolah melalui TikTok sebelum pembelajaran formal dilakukan. Berdasarkan analisis data yang digunakan dengan menggunakan korelasi Spearman menghasilkan nilai koefisien korelasi sebesar + 0.744, terlihat bahwa motivasi belajar matematika dengan penggunaan media sosial memiliki hubungan searah. Hal tersebut menunjukkan bahwa jika terjadi kenaikan nilai penggunaan media sosial dalam pembelajaran, maka nilai dari motivasi belajar matematika juga akan meningkat secara linear. Dengan memberi perlakuan video pembelajaran yang relevan melalui media sosial TikTok sebelum pembelajaran berlangsung, pendidik mampu menciptakan pengalaman pembelajaran dengan lebih menarik dan akrab untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sam h
Keywords: Motivasi belajar; Penggunaan media sosial; Media sosial tikTok; Hubungan Korelasional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 May 2024 03:25
Last Modified: 14 May 2024 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56723

Actions (login required)

View Item
View Item