Parhusip, Sartini (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILELEARNING BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI FLUIDA STATIS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4173321049_Cover.pdf
Download (211kB)
4173321049_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (390kB)
4173321049_Abstrak.pdf
Download (238kB)
4173321049_Kata_Pengantar.pdf
Download (382kB)
4173321049_Daftar_Isi.pdf
Download (87kB)
4173321049_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
4173321049_Daftar_Tabel.pdf
Download (209kB)
4173321049_Daftar_Lampiran.pdf
Download (209kB)
4173321049_BAB_I.pdf
Download (347kB)
4173321049_BAB_V.pdf
Download (236kB)
4173321049_Daftar_Pustaka.pdf
Download (237kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media pemebelajaran yang menarik yang ada untuk pelajaran fisika oleh karena itu dilakukan penyebaran, angket, dan diperoleh bahwa materi fluida statis merupakan salah satu materi yang
sulit dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan, menganalisis kelayakan dan tingkat efektivitas media pembelajaran mobile learning berbasis Adobe Flash CS6 pada materi fluida statis. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).
Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 di SMAN 2 Medan. Uji produk terdiri dari uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Uji coba kelompok
kecil melibatkan 10 orang siswa, dan uji coba kelompok besar melibatkan 30 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi ahli,
angket validasi guru, dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran dengan memberikan soal posttest pada siswa. Pada tahap validasi hasil penelitian ahli media,
mendapat persentase rata-rata yaitu 93,84% dengan kategori sangat layak dan hasil penilaian ahli materi mendapat persentase rata-rata yaitu 98% dengan kategori sangat
layak. Hasil penilaian validasi oleh guru fisika mendapatkan persentase rata-rata yaitu 98%. Hasil uji keefektifan media pembelajaran yang diberikan kepada kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan persentase rata-rata sebesar 70% dan 86,66%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak dan efektif sebagai media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan model pembelajaran; Instrumen yang digunakan; Media |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 13 May 2024 03:28 |
Last Modified: | 13 May 2024 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56652 |