PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILELEARNING BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI FLUIDA STATIS

Parhusip, Sartini (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILELEARNING BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI FLUIDA STATIS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4173321049_Cover.pdf] Text
4173321049_Cover.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4173321049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173321049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 4173321049_Abstrak.pdf] Text
4173321049_Abstrak.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4173321049_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173321049_Kata_Pengantar.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 4173321049_Daftar_Isi.pdf] Text
4173321049_Daftar_Isi.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4173321049_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173321049_Daftar_Gambar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4173321049_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173321049_Daftar_Tabel.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4173321049_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173321049_Daftar_Lampiran.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4173321049_BAB_I.pdf] Text
4173321049_BAB_I.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 4173321049_BAB_V.pdf] Text
4173321049_BAB_V.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4173321049_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173321049_Daftar_Pustaka.pdf

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media pemebelajaran yang menarik yang ada untuk pelajaran fisika oleh karena itu dilakukan penyebaran, angket, dan diperoleh bahwa materi fluida statis merupakan salah satu materi yang
sulit dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan, menganalisis kelayakan dan tingkat efektivitas media pembelajaran mobile learning berbasis Adobe Flash CS6 pada materi fluida statis. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).
Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 di SMAN 2 Medan. Uji produk terdiri dari uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Uji coba kelompok
kecil melibatkan 10 orang siswa, dan uji coba kelompok besar melibatkan 30 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi ahli,
angket validasi guru, dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran dengan memberikan soal posttest pada siswa. Pada tahap validasi hasil penelitian ahli media,
mendapat persentase rata-rata yaitu 93,84% dengan kategori sangat layak dan hasil penilaian ahli materi mendapat persentase rata-rata yaitu 98% dengan kategori sangat
layak. Hasil penilaian validasi oleh guru fisika mendapatkan persentase rata-rata yaitu 98%. Hasil uji keefektifan media pembelajaran yang diberikan kepada kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan persentase rata-rata sebesar 70% dan 86,66%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak dan efektif sebagai media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan model pembelajaran; Instrumen yang digunakan; Media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 13 May 2024 03:28
Last Modified: 13 May 2024 03:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56652

Actions (login required)

View Item
View Item