Silalahi, Santi Karla (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191111004_Cover.pdf
Download (49kB)
4191111004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (555kB)
4191111004_Abstrak.pdf
Download (420kB)
4191111004_Kata_Pengantar.pdf
Download (395kB)
4191111004_Daftar_Isi.pdf
Download (273kB)
4191111004_Daftar_Gambar.pdf
Download (244kB)
4191111004_Daftar_Tabel.pdf
Download (345kB)
4191111004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (272kB)
4191111004_BAB_I.pdf
Download (853kB)
4191111004_BAB_V.pdf
Download (419kB)
4191111004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (607kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan representasi matematis
siswa SMP. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan metode Quasi Experiment Design. Adapun sampel dalam penelitian ini yakni 30 orang siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling pada tahun 2022/2023. Pertanyaan-pertanyaan dari pretest dan posttest
digunakan untuk memperoleh data penelitian. Uji kesamaan rata-rata (uji-t) digunakan untuk menilai hasil tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) pada uji t-test
diperoleh �ℎ����� (3,200) > ������ (2,001) sehingga �0 ditolak serta �� diterima yang mengartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan diberlakukannya pembelajaran menggunakan media Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP, (2) pembelajaran matematika dengan menggunakan media Articulate Storyline 3 pada materi penyajian data dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Rumus N-Gain digunakan
untuk menentukan besar peningkatan pada suatu penelitian dan hasil N-Gain pada penelitian ini adalah sebesar 0,63. Inilah yang menunjukkan bahwa besar N-Gain tersebut masuk ke dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pemebelajaran; pembelajaran langsung; Kemampuan representasi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:39 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56644 |