PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

Silalahi, Santi Karla (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191111004_Cover.pdf] Text
4191111004_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4191111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 4191111004_Abstrak.pdf] Text
4191111004_Abstrak.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 4191111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 4191111004_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111004_Daftar_Isi.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 4191111004_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111004_Daftar_Gambar.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4191111004_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111004_Daftar_Tabel.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 4191111004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 4191111004_BAB_I.pdf] Text
4191111004_BAB_I.pdf

Download (853kB)
[thumbnail of 4191111004_BAB_V.pdf] Text
4191111004_BAB_V.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 4191111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (607kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan representasi matematis
siswa SMP. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan metode Quasi Experiment Design. Adapun sampel dalam penelitian ini yakni 30 orang siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling pada tahun 2022/2023. Pertanyaan-pertanyaan dari pretest dan posttest
digunakan untuk memperoleh data penelitian. Uji kesamaan rata-rata (uji-t) digunakan untuk menilai hasil tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) pada uji t-test
diperoleh �ℎ����� (3,200) > ������ (2,001) sehingga �0 ditolak serta �� diterima yang mengartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan diberlakukannya pembelajaran menggunakan media Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP, (2) pembelajaran matematika dengan menggunakan media Articulate Storyline 3 pada materi penyajian data dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Rumus N-Gain digunakan
untuk menentukan besar peningkatan pada suatu penelitian dan hasil N-Gain pada penelitian ini adalah sebesar 0,63. Inilah yang menunjukkan bahwa besar N-Gain tersebut masuk ke dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pemebelajaran; pembelajaran langsung; Kemampuan representasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 13 May 2024 02:39
Last Modified: 13 May 2024 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56644

Actions (login required)

View Item
View Item