PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKS BUDI AGUNG MEDAN T.A 2022/2023

NINGSIH, PUTRI SUTRIAS (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKS BUDI AGUNG MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192442003_Cover.pdf] Text
7192442003_Cover.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 7192442003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7192442003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 7192442003_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192442003_Kata_Pengantar.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 7192442003_Abstrak.pdf] Text
7192442003_Abstrak.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 7192442003_Daftar_Isi.pdf] Text
7192442003_Daftar_Isi.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 7192442003_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192442003_Daftar_Tabel.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 7192442003_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192442003_Daftar_Gambar.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 7192442003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7192442003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 7192442003_BAB_I.pdf] Text
7192442003_BAB_I.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of 7192442003_BAB_V.pdf] Text
7192442003_BAB_V.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 7192442003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192442003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (510kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI akuntansi SMKS Budi Agung Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan locus of control eksternal terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntansi SMKS Budi Agung Medan T.A 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi SMKS Budi Agung Medan yang berjumlah 64 siswa dan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Kemudian data diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 55,961 + 0,712 X1 - 0,504 X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,922 > 1,999) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Locus of control eksternal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai -thitung < -ttabel (-2,389 < -1,999) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,020 < 0,05). Selanjutnya kecerdasan emosional dan locus of control eksternal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (16,501 > 3,15) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan besarnya pengaruh kedua variabel independen tersebut adalah 33% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan Emosional, Locus of Control Eksternal dan Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 18 May 2024 16:53
Last Modified: 18 May 2024 16:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56624

Actions (login required)

View Item
View Item