SIMANJUNTAK, PERUM M (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN KELAS XI OTKP DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193144005_Cover.pdf
Download (235kB)
7193144005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (398kB)
7193144005_Kata_Pengantar.pdf
Download (401kB)
7193144005_Abstrak.pdf
Download (372kB)
7193144005_Daftar_Isi.pdf
Download (259kB)
7193144005_Daftar_Tabel.pdf
Download (226kB)
7193144005_Daftar_Gambar.pdf
Download (222kB)
7193144005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (225kB)
7193144005_BAB_I.pdf
Download (634kB)
7193144005_BAB_V.pdf
Download (507kB)
7193144005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (396kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kolaborasi dua model pembelajaran yaitu Problem Based Learning dengan Talking Stick dan Discovery Learning dengan Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian di kelas XI OTKP SMKS PAB 2 Helvetia.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa, dengan sampel sebanyak 58 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu Kelas XI OTKP 1 sebagai kelompok Eksperimen I dan Kelas XI OTKP 2 sebagai kelompok Eksperimen II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 item.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor pretes kelompok Eksperimen I adalah 29,14% dan rata-rata skor post-tes adalah 85,71%. Sementara itu, nilai ratarata pre-test kelompok kelas Eksperimen II adalah 30,65% dan nilai rata-rata post-test adalah 81,52%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-Test, dengan hasil t_hitung > t_tabel (2,178 dan 2,073>1,673) pada taraf signifikansi 95% (α = 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan kolaborasi Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian di kelas XI OTKP SMKS PAB 2 Helvetia pada tahun pelajaran 2022/2023. Selain itu, dapat juga disimpulkan bahwa hasil belajar siswa lebih tinggi dengan menggunakan model kolaborasi model Problem Based Learning dengan Talking Stick.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Discovery Learning, Talking Stick, Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 May 2024 04:45 |
Last Modified: | 18 May 2024 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56616 |