Nurmala, Mia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI FLUIDA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4171121019_Cover.pdf
Download (41kB)
4171121019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (991kB)
4171121019_Abstrak.pdf
Download (255kB)
4171121019_Kata_Pengantar.pdf
Download (699kB)
4171121019_Daftar_Isi.pdf
Download (291kB)
4171121019_Daftar_Tabel.pdf
Download (257kB)
4171121019_Daftar_Gambar.pdf
Download (254kB)
4171121019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (254kB)
4171121019_BAB_I.pdf
Download (565kB)
4171121019_BAB_V.pdf
Download (414kB)
4171121019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (535kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di SMA Cerdas Murni Tembung, yang memenuhi kriteria uji instrumen yang baik meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan populasi 64 siswa. Berdasarkan analisis data kelas eksperimen diperoleh kemampuan awal kurang baik yaitu 63,13. Hasil pembelajaran fluida statis setelah menggunakan Blended Learning dengan Edmodo adalah 83,28 termasuk dalam kelompok baik. Menurut statistik tersebut, Blended Learning menggunakan Edmodo dapat meningkatkan prestasi akademik dan mengungguli hasil pembelajaran konvensional. Rata-rata tingkat aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen 59% dengan kategori kurang aktif pada pertemuan pertama, meningkat menjadi 69% dengan kategori cukup aktif pada pertemuan kedua, dan meningkatmenjadi 75% dengan kategori aktif pada pertemuan ketiga. Oleh karena itu, penerapan Blended Learning berbasis Edmodo dapat meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Blended Learning, Edmodo, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 12 May 2024 06:02 |
Last Modified: | 12 May 2024 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56587 |