PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI FLUIDA DI SMA

Nurmala, Mia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI FLUIDA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171121019_Cover.pdf] Text
4171121019_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4171121019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171121019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (991kB)
[thumbnail of 4171121019_Abstrak.pdf] Text
4171121019_Abstrak.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4171121019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171121019_Kata_Pengantar.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of 4171121019_Daftar_Isi.pdf] Text
4171121019_Daftar_Isi.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 4171121019_Daftar_Tabel.pdf] Text
4171121019_Daftar_Tabel.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4171121019_Daftar_Gambar.pdf] Text
4171121019_Daftar_Gambar.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 4171121019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4171121019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 4171121019_BAB_I.pdf] Text
4171121019_BAB_I.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of 4171121019_BAB_V.pdf] Text
4171121019_BAB_V.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 4171121019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171121019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (535kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di SMA Cerdas Murni Tembung, yang memenuhi kriteria uji instrumen yang baik meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan populasi 64 siswa. Berdasarkan analisis data kelas eksperimen diperoleh kemampuan awal kurang baik yaitu 63,13. Hasil pembelajaran fluida statis setelah menggunakan Blended Learning dengan Edmodo adalah 83,28 termasuk dalam kelompok baik. Menurut statistik tersebut, Blended Learning menggunakan Edmodo dapat meningkatkan prestasi akademik dan mengungguli hasil pembelajaran konvensional. Rata-rata tingkat aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen 59% dengan kategori kurang aktif pada pertemuan pertama, meningkat menjadi 69% dengan kategori cukup aktif pada pertemuan kedua, dan meningkatmenjadi 75% dengan kategori aktif pada pertemuan ketiga. Oleh karena itu, penerapan Blended Learning berbasis Edmodo dapat meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Blended Learning, Edmodo, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 12 May 2024 06:02
Last Modified: 12 May 2024 06:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56587

Actions (login required)

View Item
View Item