NAPITUPULU, MARTA THERESIA (2023) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BALIGE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191142009_Cover.pdf
Download (302kB)
7191142009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (538kB)
7191142009_Kata_Pengantar.pdf
Download (526kB)
7191142009_Abstrak.pdf
Download (447kB)
7191142009_Daftar_Isi.pdf
Download (590kB)
7191142009_Daftar_Tabel.pdf
Download (287kB)
7191142009_Daftar_Gambar.pdf
Download (195kB)
7191142009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (255kB)
7191142009_BAB_I.pdf
Download (709kB)
7191142009_BAB_V.pdf
Download (388kB)
7191142009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (475kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa tidak hanya disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa akan materi yang diajarkan oleh guru, tetapi juga oleh faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yang bersumber dari luar diri siswa yakni dukungan orang tua dan lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Balige, pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Balige dan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Balige. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Balige yang berjumlah 103 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan simpel random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 82 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif melalui software SPSS V.25. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, dokumentasi dan kuesioner.
Hasil analisis data diperoleh dengan taraf signifikan 5% mengungkapkan bahwa (1) terdapat pengaruh self regulated learning (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Balige yang dilihat dari thitung > ttabel (5,805 > 1,990). (2) Terdapat pengaruh dukungan orang tua (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Balige yang dilihat dari thitung > ttabel (5,851 > 1,990). (3) Terdapat pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Balige yang dilihat dari Fhitung > Ftabel (79,037 > 3,11). Dengan koefisien determinan 0,667 artinya persentase sebesar 66,7%. Sedangkan sisanya 33,3% dijelaskan dengan faktor atau variabel lain yang tidak termasuk dalam analisis regresi ini dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Self Regulated Learning, Dukungan Orang Tua, Hasil Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 May 2024 14:12 |
Last Modified: | 14 May 2024 14:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56562 |