PENGARUH EFIKASI DIRI, FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA KATOLIK 1 KABANJAHE T.A 2022/2023

SIAHAAN, KLINTON FERDINAN (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI, FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA KATOLIK 1 KABANJAHE T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193141004_Cover.pdf] Text
7193141004_Cover.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 7193141004_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193141004_Kata_Pengantar.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 7193141004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193141004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193141004_Abstrak.pdf] Text
7193141004_Abstrak.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 7193141004_Daftar_Isi.pdf] Text
7193141004_Daftar_Isi.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 7193141004_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193141004_Daftar_Tabel.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 7193141004_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193141004_Daftar_Gambar.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 7193141004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193141004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 7193141004_BAB_I.pdf] Text
7193141004_BAB_I.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of 7193141004_BAB_V.pdf] Text
7193141004_BAB_V.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 7193141004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193141004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Efikasi Diri, Fasilitas Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Katolik 1 Kabanjahe T.A 2022/2023.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penulis menggunakan 105 populasi sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas XI IPS SMA Swasta Katolik 1 Kabanjahe. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa yang diambil berdasarkan teknik total sampling atau sensus. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui perumusan product moment sedangkan pengujian reliabilitas dilaksanakan pada teknik cronbach alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukuran koefisien determinasi (�2).
Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel efikasi diri, fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar. Adapun perolehan persamaan yang dapat dilakukan yaitu Y=36.617+0.210X1+0.266X2+0.229X3. Hasil pengujian hipotesis dapat diketahui secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial pada variabel efikasi diri (X1) diperoleh �ℎ����� sebesar 3.360 dengan demikian �ℎ����� > ������ (3.360 > 1.659) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kedua, pada variabel fasilitas belajar belajar (X2) diperolah hasil perhitungan �ℎ����� sebesar 3.782 maka �ℎ����� > ������ (3.782 > 1.659) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Ketiga, pada variabel disiplin belajar (X3) diperolah hasil perhitungan �ℎ����� sebesar 4.505 maka �ℎ����� > ������ (4.505 > 1.659) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan juga didapatkan data sebesar �ℎ����� > ������ yaitu 73.869 > 2.69 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Oleh karena itu didapatkan pula perolehan data pada uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.687. Artinya, efikasi diri, fasilitas belajar dan disiplin belajar secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 68.7% dan sisanya 31.3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Efikasi diri, Fasilitas Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 May 2024 16:28
Last Modified: 11 May 2024 16:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56540

Actions (login required)

View Item
View Item