SIAHAAN, KLINTON FERDINAN (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI, FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA KATOLIK 1 KABANJAHE T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193141004_Cover.pdf
Download (65kB)
7193141004_Kata_Pengantar.pdf
Download (220kB)
7193141004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7193141004_Abstrak.pdf
Download (222kB)
7193141004_Daftar_Isi.pdf
Download (459kB)
7193141004_Daftar_Tabel.pdf
Download (395kB)
7193141004_Daftar_Gambar.pdf
Download (191kB)
7193141004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (234kB)
7193141004_BAB_I.pdf
Download (678kB)
7193141004_BAB_V.pdf
Download (273kB)
7193141004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (239kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Efikasi Diri, Fasilitas Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Katolik 1 Kabanjahe T.A 2022/2023.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penulis menggunakan 105 populasi sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas XI IPS SMA Swasta Katolik 1 Kabanjahe. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa yang diambil berdasarkan teknik total sampling atau sensus. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui perumusan product moment sedangkan pengujian reliabilitas dilaksanakan pada teknik cronbach alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukuran koefisien determinasi (�2).
Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel efikasi diri, fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar. Adapun perolehan persamaan yang dapat dilakukan yaitu Y=36.617+0.210X1+0.266X2+0.229X3. Hasil pengujian hipotesis dapat diketahui secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial pada variabel efikasi diri (X1) diperoleh �ℎ����� sebesar 3.360 dengan demikian �ℎ����� > ������ (3.360 > 1.659) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kedua, pada variabel fasilitas belajar belajar (X2) diperolah hasil perhitungan �ℎ����� sebesar 3.782 maka �ℎ����� > ������ (3.782 > 1.659) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Ketiga, pada variabel disiplin belajar (X3) diperolah hasil perhitungan �ℎ����� sebesar 4.505 maka �ℎ����� > ������ (4.505 > 1.659) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan juga didapatkan data sebesar �ℎ����� > ������ yaitu 73.869 > 2.69 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Oleh karena itu didapatkan pula perolehan data pada uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.687. Artinya, efikasi diri, fasilitas belajar dan disiplin belajar secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 68.7% dan sisanya 31.3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efikasi diri, Fasilitas Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 May 2024 16:28 |
Last Modified: | 11 May 2024 16:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56540 |