HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 29 MEDAN

Silalahi, Lulu Madame (2023) HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192111009_Cover.pdf] Text
4192111009_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4192111009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192111009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192111009_Abstrak.pdf] Text
4192111009_Abstrak.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 4192111009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192111009_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192111009_Daftar_Isi.pdf] Text
4192111009_Daftar_Isi.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4192111009_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192111009_Daftar_Tabel.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4192111009_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192111009_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4192111009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192111009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4192111009_BAB_I.pdf] Text
4192111009_BAB_I.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of 4192111009_BAB_V.pdf] Text
4192111009_BAB_V.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 4192111009_BAB_I.pdf] Text
4192111009_BAB_I.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of 4192111009_BAB_V.pdf] Text
4192111009_BAB_V.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 4192111009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192111009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian dan minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan model problem based learning (PBL) di SMP Negeri 29 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan, dengan simple random sampling sebagai teknik pengambilan sampel yang digunakan. Sampel yang diambil adalah kelas VIII-5 yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari angket kemandirian belajar 32 pernyataan, angket minat belajar 20 pernyataan, dan tes uraian sebanyak 3 butir soal. Dengan korelasi parsial terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis dimana nilai �ℎ����� > ������, (0,455 > 0,349), dan nilai signifik a ns I lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,010<0,05). Serta terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematis dengan nilai �ℎ����� > ������ (0,406 > 0,349), dan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,023 < 0,05). Selanjutnya, terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian dan minat belajar secara simultan terhadap kemampuan penalaran siswa, dengan nilai ��1�2� = 0,966 dan nilai �ℎ����� > ������ , (203,409 > 3,32)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Penalaran Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 11 May 2024 05:53
Last Modified: 11 May 2024 05:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56529

Actions (login required)

View Item
View Item