PENGARUH INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SEMESTER II SMAN 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2022/2023

Sihotang, Lilis Susanti (2023) PENGARUH INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SEMESTER II SMAN 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193321019_Cover.pdf] Text
4193321019_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4193321019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193321019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of 4193321019_Abstrak.pdf] Text
4193321019_Abstrak.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 4193321019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193321019_Kata_Pengantar.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4193321019_Daftar_Isi.pdf] Text
4193321019_Daftar_Isi.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of 4193321019_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193321019_Daftar_Tabel.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4193321019_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193321019_Daftar_Gambar.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4193321019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193321019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4193321019_BAB_I.pdf] Text
4193321019_BAB_I.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 4193321019_BAB_V.pdf] Text
4193321019_BAB_V.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4193321019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193321019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inqury terhadap hasil belajar fisika siswa SMA pada materi Gelombang Bunyi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain two group pretes postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 2 Percut Sei Tuan T.P 2022/2023 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik class random sampling. Kelas XI A sebagai kelas kontrol menggunkan model pembelajaran konvensional dan Kelas B sebagai kelas eksperimen menggunakan model Inquiry. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata- rata pretest dan postest di kelas eksperimen adalah 28,33 dan 72,66 sedangkan di kelas kontrol adalah 30,66 dan 64,66. Aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan sebesar 54.24 (cukup aktif) pada pertemuan pertama, pertemuan kedua sebesar 60,63 (aktif) dan pertemuan ketiga sebesar 74,44 (aktif) dengan rata- rata sebesar 63,10 dengan kategori aktif. Analisis data menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry hasil belajar fisika siswa SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Iqury Learning , hasil belajar, gelombang bunyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 11 May 2024 05:10
Last Modified: 11 May 2024 05:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56523

Actions (login required)

View Item
View Item