Malau, Kristian (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK DI KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193121043_Cover.pdf
Download (240kB)
4193121043_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (70kB)
4193121043_Abstrak.pdf
Download (261kB)
4193121043_Kata_Pengantar.pdf
Download (200kB)
4193121043_Daftar_Isi.pdf
Download (227kB)
4193121043_Daftar_Tabel.pdf
Download (78kB)
4193121043_Daftar_Gambar.pdf
Download (76kB)
4193121043_Daftar_Lampiran.pdf
Download (76kB)
4193121043_BAB_I.pdf
Download (511kB)
4193121043_BAB_V.pdf
Download (374kB)
4193121043_Daftar_Pustaka.pdf
Download (261kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat validitas, tingkat kepraktisan dan tingkat efektivitas modul fisika berbasis Problem Based Learning pada materi Gelombang Mekanik untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analysis, Development, Design, Implementation and Evaluation). Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Uji produk terdiri dari kelompok kecil dan kelompok besar. Uji coba kelompok kecil melibatkan 10 orang siswa, dan uji coba kelompok besar melibatkan 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi ahli, angket respon siswa dan guru, dan untuk mengetahui keefektifan modul dengan memberikan tes kepada siswa. Pada tahap validasi hasil penilaian materi, mendapat persentase rata-rata 97% dengan kategori sangat baik/sangat layak dan hasil hasil penilaian ahli media mendapat persentase rata-rata yaitu 85% dengan kategori sangat baik/sangat layak. Hasil penilaian respon guru fisika, untuk kepraktisan mendapat persentase rata-rata 98,7% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan oleh siswa dari angket yang diberikan baik uji kelompok kecil dan uji kelompok besar mendapatkan persentase rata-rata 92,49% dan 90,6%. Hasil uji keefektifan modul yang diberikan pada siswa memperoleh nilai gain sebesar 0,697 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak, praktis dan efektif sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, e-modul, Problem Based Learning, Gelombang Mekani |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 10 May 2024 10:32 |
Last Modified: | 10 May 2024 10:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56513 |