PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 2 KABANJAHE

Gultom, Johannes (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 2 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111042_Cover.pdf] Text
4191111042_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4191111042_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111042_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 4191111042_Abstrak.pdf] Text
4191111042_Abstrak.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4191111042_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111042_Kata_Pengantar.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 4191111042_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111042_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4191111042_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111042_Daftar_Tabel.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4191111042_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111042_Daftar_Gambar.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4191111042_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111042_Daftar_Lampiran.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4191111042_BAB_I.pdf] Text
4191111042_BAB_I.pdf

Download (725kB)
[thumbnail of 4191111042_BAB_V.pdf] Text
4191111042_BAB_V.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4191111042_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111042_Daftar_Pustaka.pdf

Download (351kB)

Abstract

Berdasarkan pada analisis kebutuhan pada proses pembelajaran, diperlukan sebuah pengembangan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian dan pengembangan ini di desain dengan berlandaskan pada tahapan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kabanjahe yang berjumlah 36 orang siswa. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, kevalidan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memperoleh persentase rerata penilaian 87,26% oleh ahli media dan 87,82% oleh ahli materi dengan kualifikasi tergolong sangat valid. Melalui hasil respon guru dan respon siswa pada uji coba kelompok terbatas dan uji coba lapangan diperoleh persentase rerata penilaian 94,5% oleh guru, 85,67% oleh siswa pada uji coba kelompok terbatas dan 86,07% oleh siswa pada uji coba lapangan dengan kualifikasi tergolong sangat praktis untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan penerapan media pembelajaran interaktif yang telah dilakukan untuk melihat keefektifan dengan acuan ukur yang ditetapkan memperoleh hasil, yakni untuk ketuntasan belajar klasikal mencapai 80,56% dan persentase rerata angket keefektifan sebesar 94,72% dengan kualifikasi tergolong efektif. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang terjadi adalah peningkatan sedang. Berdasarkan data perolehan penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline yang dikembangkan pada penelitian ini telah memenuhi kualifikasi valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Pemahaman Konsep Matematis, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 07 May 2024 09:12
Last Modified: 07 May 2024 09:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56464

Actions (login required)

View Item
View Item