Gultom, Johannes (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 2 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111042_Cover.pdf
Download (70kB)
4191111042_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (370kB)
4191111042_Abstrak.pdf
Download (87kB)
4191111042_Kata_Pengantar.pdf
Download (159kB)
4191111042_Daftar_Isi.pdf
Download (121kB)
4191111042_Daftar_Tabel.pdf
Download (90kB)
4191111042_Daftar_Gambar.pdf
Download (93kB)
4191111042_Daftar_Lampiran.pdf
Download (89kB)
4191111042_BAB_I.pdf
Download (725kB)
4191111042_BAB_V.pdf
Download (112kB)
4191111042_Daftar_Pustaka.pdf
Download (351kB)
Abstract
Berdasarkan pada analisis kebutuhan pada proses pembelajaran, diperlukan sebuah pengembangan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian dan pengembangan ini di desain dengan berlandaskan pada tahapan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kabanjahe yang berjumlah 36 orang siswa. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, kevalidan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memperoleh persentase rerata penilaian 87,26% oleh ahli media dan 87,82% oleh ahli materi dengan kualifikasi tergolong sangat valid. Melalui hasil respon guru dan respon siswa pada uji coba kelompok terbatas dan uji coba lapangan diperoleh persentase rerata penilaian 94,5% oleh guru, 85,67% oleh siswa pada uji coba kelompok terbatas dan 86,07% oleh siswa pada uji coba lapangan dengan kualifikasi tergolong sangat praktis untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan penerapan media pembelajaran interaktif yang telah dilakukan untuk melihat keefektifan dengan acuan ukur yang ditetapkan memperoleh hasil, yakni untuk ketuntasan belajar klasikal mencapai 80,56% dan persentase rerata angket keefektifan sebesar 94,72% dengan kualifikasi tergolong efektif. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang terjadi adalah peningkatan sedang. Berdasarkan data perolehan penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline yang dikembangkan pada penelitian ini telah memenuhi kualifikasi valid, praktis dan efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Pemahaman Konsep Matematis, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 07 May 2024 09:12 |
Last Modified: | 07 May 2024 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56464 |