Tiana, Nur (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 GALANGTAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4161141040_Cover.pdf
Download (50kB)
4161141040_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (288kB)
4161141040_Abstrak.pdf
Download (141kB)
4161141040_Kata_Pengantar.pdf
Download (224kB)
4161141040_Daftar_Isi.pdf
Download (148kB)
4161141040_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
4161141040_Daftar_Tabel.pdf
Download (119kB)
4161141040_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
4161141040_BAB_I.pdf
Download (329kB)
4161141040_BAB_V.pdf
Download (113kB)
4161141040_Daftar_Pustaka.pdf
Download (245kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat penggunaan media pembelajaran berbasis video dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Galang yang beralamat di Jl. Mawar I Komplek Galinda, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, 20585. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2020. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 (Eksperimen) yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI IPA 4 (Kontrol) SMA Negeri 1 Galang yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi eksperimental. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data motivasi belajar berupa angket berisi pernyataan berjumlah 37 butir yang sudah divalidasi, menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 71% dengan kategori tinggi. Dan untuk hasil belajar berupa tes objektif pilihan berganda berjumlah 45 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda setiap soalnya. Hasil hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t sat pihak (pihak kanan) dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh harga thitung > ttabel = 2,74 > 1,99. Sehingga Ha diterima yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran berbasis video lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah dan bantuan powerpoint, memiliki persentase sebesar 46% dan dikategorikan sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media video; Motivasi belajar; Sistem pernapasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 May 2024 07:53 |
Last Modified: | 07 May 2024 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56455 |