Nasution, Nur Ikhwanina (2023) ANALISIS GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VII SEKECAMATAN MEDAN MARELAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193351008_Cover.pdf
Download (258kB)
4193351008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (546kB)
4193351008_Abstrak.pdf
Download (389kB)
4193351008_Kata_Pengantar.pdf
Download (282kB)
4193351008_Daftar_Isi.pdf
Download (274kB)
4193351008_Daftar_Gambar.pdf
Download (245kB)
4193351008_Daftar_Tabel.pdf
Download (244kB)
4193351008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (245kB)
4193351008_BAB_I.pdf
Download (354kB)
4193351008_BAB_V.pdf
Download (387kB)
4193351008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (446kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar peserta didik di kelas VII
Sekecamatan Medan Marelan, mengetahui hasil belajar Peserta didik dalam materi Pencemaran Lingkungan kelas VII Sekecamatan Medan Marelan, untuk mengetahui hubungan (korelasi) gaya belajar dengan hasil belajar Sekecamatan
Medan Marelan pada materi Pencemaran Lingkungan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah sekolah SMP N 20 Medan dengan jumlah 30 siswa, SMP Harapan Mekar dengan jumlah 30 siswa,
dan Mts Babul Ulum dengan jumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu lembar angket gaya belajar dan lembar tes hasil belajar
dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil dalam penelitian adalah Dari ketiga sekolah tersebut terdapat pada gaya belajar siswa kelas VII sekecamatan
medan marelan didominasi oleh gaya belajar visual dengan persentase 72,79% dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang, gaya belajar auditori yang juga mendominasi dengan persentase paling sedikit yaitu 70,57% dan jumlah siswa
sebanyak 23 orang, gaya belajar kinestetik dengan persentase 72,41% dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Hasil belajar siswa kelas VII SMP harapan mekar, Mts Babul Ulum dan SMP Negeri 20 Medan berada pada kategori baik.
Dari ketiga sekolah tersebut terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas VII
Sekecamatan medan marelan dengan masing–masing tingkat korelasi yaitu sangat kuat (visual), sedang (auditorial) dan sedang (kinestetik).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gaya belajar; Hasil belajar; Pencemaran lingkungan |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 May 2024 07:15 |
Last Modified: | 07 May 2024 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56447 |