Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Berbasis Metakognisi Pada Siswa Kelas XII SMA NUR CAHAYA MEDAN

Sinaga, Alexander Heyk (2022) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Berbasis Metakognisi Pada Siswa Kelas XII SMA NUR CAHAYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8186192011 COVER.pdf] Text
1. NIM 8186192011 COVER.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2. NIM  8186192011 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 8186192011 APPROVAL SHEET.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 3. NIM  8186192011 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 8186192011 ABSTRACT.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4. NIM  8186192011 ACKNOWLEDGEMENT.pdf] Text
4. NIM 8186192011 ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 5. NIM  8186192011 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM 8186192011 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 6. NIM  8186192011 CHAPTER I.pdf] Text
6. NIM 8186192011 CHAPTER I.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of 10. NIM  8186192011 CHAPTER V.pdf] Text
10. NIM 8186192011 CHAPTER V.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 11. NIM  8186192011 REFERENCES.pdf] Text
11. NIM 8186192011 REFERENCES.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar
menulis esai berbasis metakognisi, validasi pengembangan bahan ajar menulis esai
berbasis metakognisi pada siswa kelas XII SMAS Nur Cahaya Medan, keefektifan
bahan ajar menulis esai berbasis metakognisi pada siswa kelas XII SMAS Nur Cahaya
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model
pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain,
guru Bahasa Indonesia dan siswa SMAS Nur Cahaya Medan. Data tentang kualitas
produk ini dikumpulkan melalui angket dan tes menulis esai. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa validasi oleh ahli materi dinyatakan layak dengan perolehan
rata-rata 91,48% dengan kategori sangat baik, kelayakan penyajian diperoleh 94%
dengan kategori sangat baik, kelayakan penyajian diperoleh 94,00% dengan kategori
sangat baik, kelayakan bahasa diperoleh 93,75% dengan kategori sangat baik,
kelayakan bahasa diperoleh 93,75% dengan kategori sangat baik, kelayakan
kegrafikan diperoleh 90,00% dengan kategori sangat baik, validasi oleh ahli desain
dengan perolehan rata-rata 90,00% dengan kategori sangat baik dan validasi oleh ahli
materi dengan diperoleh rata-rata 90,00% dengan kategori sangat baik. Perolehan
hasil uji coba perorangan rata-rata 85,04% dengan kategori baik, perolehan hsil uji
coba kelompok kecil rata-rata 86,26% dengan kategori baik, dan perolehan hasil uji
coba lapangan terbatas rata-rata 94,85% dengan kategori sangat baik. Keefektifan
bahan ajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest (tes awal) adalah 70,68%
dengan kategori cukup dan nilai rata-rata postest (nilai akhir) adalah 81,40% dengan
kategori baik. Dengan demikian bahan ajar menulis esai berbasis metakognisi layak
dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat memberi kontribusi
praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran, terkhusus bagi guru dapat
menjadikan bahan ajar ini sebagai sumber materi ajar guna mempermudah
penyampaian materi terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.71 Sin p
Keywords: pengembangan, modul, bahan, ajar, menulis, esai, metakognisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2024 05:27
Last Modified: 07 May 2024 05:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56421

Actions (login required)

View Item
View Item