Sinaga, Alexander Heyk (2022) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Berbasis Metakognisi Pada Siswa Kelas XII SMA NUR CAHAYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 8186192011 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 8186192011 COVER.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 2. NIM 8186192011 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 8186192011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (264kB)
![[thumbnail of 3. NIM 8186192011 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 8186192011 ABSTRACT.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 4. NIM 8186192011 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 8186192011 ACKNOWLEDGEMENT.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 5. NIM 8186192011 TABLE OF CONTENTS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 8186192011 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (328kB)
![[thumbnail of 6. NIM 8186192011 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 8186192011 CHAPTER I.pdf
Download (614kB)
![[thumbnail of 7. NIM 8186192011 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 8186192011 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8. NIM 8186192011 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 8186192011 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 9. NIM 8186192011 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 8186192011 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 10. NIM 8186192011 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 8186192011 CHAPTER V.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 11. NIM 8186192011 REFERENCES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 8186192011 REFERENCES.pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of 12. NIM 8186192011 APPENDIX.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 8186192011 APPENDIX.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (550kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar menulis esai berbasis metakognisi, validasi pengembangan bahan ajar menulis esai berbasis metakognisi pada siswa kelas XII SMAS Nur Cahaya Medan, keefektifan bahan ajar menulis esai berbasis metakognisi pada siswa kelas XII SMAS Nur Cahaya Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru Bahasa Indonesia dan siswa SMAS Nur Cahaya Medan. Data tentang kualitas produk ini dikumpulkan melalui angket dan tes menulis esai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi oleh ahli materi dinyatakan layak dengan perolehan rata-rata 91,48% dengan kategori sangat baik, kelayakan penyajian diperoleh 94% dengan kategori sangat baik, kelayakan penyajian diperoleh 94,00% dengan kategori sangat baik, kelayakan bahasa diperoleh 93,75% dengan kategori sangat baik, kelayakan bahasa diperoleh 93,75% dengan kategori sangat baik, kelayakan kegrafikan diperoleh 90,00% dengan kategori sangat baik, validasi oleh ahli desain dengan perolehan rata-rata 90,00% dengan kategori sangat baik dan validasi oleh ahli materi dengan diperoleh rata-rata 90,00% dengan kategori sangat baik. Perolehan hasil uji coba perorangan rata-rata 85,04% dengan kategori baik, perolehan hsil uji coba kelompok kecil rata-rata 86,26% dengan kategori baik, dan perolehan hasil uji coba lapangan terbatas rata-rata 94,85% dengan kategori sangat baik. Keefektifan bahan ajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest (tes awal) adalah 70,68% dengan kategori cukup dan nilai rata-rata postest (nilai akhir) adalah 81,40% dengan kategori baik. Dengan demikian bahan ajar menulis esai berbasis metakognisi layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat memberi kontribusi praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran, terkhusus bagi guru dapat menjadikan bahan ajar ini sebagai sumber materi ajar guna mempermudah penyampaian materi terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.71 Sin p |
Keywords: | pengembangan, modul, bahan, ajar, menulis, esai, metakognisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Indonesia - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 May 2024 05:27 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 10:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56421 |