Cahaya, Nilam (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192111003_Cover.pdf
Download (119kB)
4192111003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (465kB)
4192111003_Abstrak.pdf
Download (1MB)
4192111003_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4192111003_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
4192111003_Daftar_Gambar.pdf
Download (1MB)
4192111003_Daftar_Tabel.pdf
Download (1MB)
4192111003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (1MB)
4192111003_BAB_I.pdf
Download (2MB)
4192111003_BAB_V.pdf
Download (312kB)
4192111003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas LKPD berbasis PBL bernuansa etnomatematika telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, serta (2) memperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis PBL bernuansa etnomatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII-E SMP Swasta Islam Setia Nurul Azmi Medan dan objek penelitian yaitu LKPD berbasis PBL bernuansa etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan tes. Hasil penelitian memaparkan bahwa: (1) Produk yang dikembangkan telah mencukupi kriteria kevalidan pada ahli materi sebesar 4,46 serta ahli media sebesar 4,21 dengan kategori sangat layak (SL), (2) Produk yang dikembangkan telah mencukupi kriteria kepraktisan pada kategori rentang 76%-100%, (3) Produk yang dikembangkan efektif sesuai dengan (a) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 94,11%, (b) rata-rata ketuntasan belajar individual sebesar 88,91, artinya telah tercapai indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran, (c) respon siswa positif, dan (d) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mengaplikasikan LKPD berbasis PBL bernuansa etnomatematika dari rata- rata nilai pretest sebesar 52,44 menjadi 88,91 pada rata-rata nilai posttest dan dari hasil analisis N-Gain diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,78 dengan kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Etnomatematika; Kemmapuan pemecahan masalah; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 06 May 2024 08:09 |
Last Modified: | 06 May 2024 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56377 |