PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Cahaya, Nilam (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192111003_Cover.pdf] Text
4192111003_Cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4192111003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192111003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 4192111003_Abstrak.pdf] Text
4192111003_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192111003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192111003_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192111003_Daftar_Isi.pdf] Text
4192111003_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192111003_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192111003_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192111003_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192111003_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192111003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192111003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192111003_BAB_I.pdf] Text
4192111003_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4192111003_BAB_V.pdf] Text
4192111003_BAB_V.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 4192111003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192111003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas LKPD berbasis PBL bernuansa etnomatematika telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, serta (2) memperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis PBL bernuansa etnomatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII-E SMP Swasta Islam Setia Nurul Azmi Medan dan objek penelitian yaitu LKPD berbasis PBL bernuansa etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan tes. Hasil penelitian memaparkan bahwa: (1) Produk yang dikembangkan telah mencukupi kriteria kevalidan pada ahli materi sebesar 4,46 serta ahli media sebesar 4,21 dengan kategori sangat layak (SL), (2) Produk yang dikembangkan telah mencukupi kriteria kepraktisan pada kategori rentang 76%-100%, (3) Produk yang dikembangkan efektif sesuai dengan (a) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 94,11%, (b) rata-rata ketuntasan belajar individual sebesar 88,91, artinya telah tercapai indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran, (c) respon siswa positif, dan (d) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mengaplikasikan LKPD berbasis PBL bernuansa etnomatematika dari rata- rata nilai pretest sebesar 52,44 menjadi 88,91 pada rata-rata nilai posttest dan dari hasil analisis N-Gain diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,78 dengan kategori tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Etnomatematika; Kemmapuan pemecahan masalah; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 06 May 2024 08:09
Last Modified: 06 May 2024 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56377

Actions (login required)

View Item
View Item