IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA

Sihotang, Wilson (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192411022_Cover.pdf] Text
4192411022_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4192411022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192411022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 4192411022_Abstrak.pdf] Text
4192411022_Abstrak.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4192411022_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192411022_Kata_Pengantar.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4192411022_Daftar_Isi.pdf] Text
4192411022_Daftar_Isi.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4192411022_BAB_I.pdf] Text
4192411022_BAB_I.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4192411022_BAB_V.pdf] Text
4192411022_BAB_V.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4192411022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192411022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas X MIA 1 SMAN 1 Sumbul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Sumbul yang terdiri dari 36 siswa. Objek pada penelitiann ini adalah implementasi model pembelajaran Learning Cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA kelas X Tahun Ajaran 2023/2024. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini dilihat berdasarkan nilai rata-rata pada tes awal 52,63 kemudian dilanjutkan pada siklus I adalah 70,69 dan menjadi 85,85 pada siklus II. Sedangkan pada penilaian ketuntasan secara klasikal meningkat dari tes awal 2,78% kemudian pada saat siklus I adalah 47,22% dan menjadi 88,89% pada siklus II, sehingga berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh bahwa penelitian yang dilakukan sudah mencapai
indikator keberhasilan yang ditentukan, (2) Setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa telah tuntas secara klasikal yaitu 88,89%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sih i
Keywords: Learning cycle 5E; Pemecahan masalah matematis; Sistem persamaan linear tiga variabel; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 May 2024 07:37
Last Modified: 06 May 2024 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56373

Actions (login required)

View Item
View Item