PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsN 1 ACEH TENGGARA

Fauziah, Naila (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsN 1 ACEH TENGGARA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193311020_Cover.pdf] Text
4193311020_Cover.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4193311020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4193311020_Abstrak.pdf] Text
4193311020_Abstrak.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4193311020_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311020_Kata_Pengantar.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 4193311020_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311020_Daftar_Isi.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4193311020_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193311020_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4193311020_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311020_Daftar_Tabel.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 4193311020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 4193311020_BAB_I.pdf] Text
4193311020_BAB_I.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of 4193311020_BAB_V.pdf] Text
4193311020_BAB_V.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4193311020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (297kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep matematis di kelas VIII MTsN 1 Aceh Tenggara dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan Creative Problem Solving. Fokus penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas VIII-A
MTsN 1 Aceh Tenggara, yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menerapkan model Problem Based Learning dengan pendekatan Creative Problem Solving untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep matematis. Studi tindakan
kelas ini dilakukan selama dua siklus. Siswa diuji untuk memahami konsep matematis di akhir setiap siklus. Sebelum diberikan tindakan, peneliti terlebih dahulu memberikan tes kemampuan siswa untuk memahami kemampuan awal mereka dan kesulitan mereka dalam menjawab tes kemampuan awal. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa siswa sangat kurang dalam memahami konsep matematis, dengan nilai rata-rata 45,55 dan hanya 4 siswa dari 30 siswa yang mencapai target keberhasilan (13,33%). Setelah tindakan pada siklus I,
kemampuan siswa dalam memahami konsep matematis berada dalam kategori sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah bersama dengan pendekatan penyelesaian masalah
kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konsep matematis siswa; Pendekatan kreatif siswa; Kemampuan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 06 May 2024 05:41
Last Modified: 06 May 2024 05:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56363

Actions (login required)

View Item
View Item