PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE

Tarigan, Nada Yolanda (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE. Diploma thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4163311045_Cover.pdf] Text
4163311045_Cover.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4163311045_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4163311045_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 4163311045_Abstrak.pdf] Text
4163311045_Abstrak.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4163311045_Kata_Pengantar.pdf] Text
4163311045_Kata_Pengantar.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4163311045_Daftar_Isi.pdf] Text
4163311045_Daftar_Isi.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4163311045_Daftar_Gambar.pdf] Text
4163311045_Daftar_Gambar.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4163311045_Daftar_Tabel.pdf] Text
4163311045_Daftar_Tabel.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4163311045_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4163311045_Daftar_Lampiran.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 4163311045_BAB_I.pdf] Text
4163311045_BAB_I.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of 4163311045_BAB_V.pdf] Text
4163311045_BAB_V.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 4163311045_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4163311045_Daftar_Pustaka.pdf

Download (431kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika yang berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa yang berkualitas berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan kefektifan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan tipe pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis etnomatematika telah berhasil dikembangkan yang berkualitas dari aspek kevalidan kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi ditunjukkan dari validitas isi oleh pakar ahli yang menyatakan “modul dapat digunakan tanpa revisi” dan validitas modul dinyatakan “valid”. Kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik tahap one to one sebesar 70%, respon guru sebesar 81,25% dan kelas kecil sebesar 91,66%, ketiga hasil tersebut menunjukkan besaran skor lebih dari 50% responden memberikan respon positif. Keefektifan dilihat dari ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,33%, ketercapaian indikator sebesar 92%, 87%, 96%, 77%, dan 89% untuk tiap indikator dan respon siswa positif sebesar 92%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Keywords: Modul matematika; Konsep matematika; Etnomatematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 06 May 2024 04:34
Last Modified: 06 May 2024 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56345

Actions (login required)

View Item
View Item