PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 17 MEDAN

Tamimi, Muhammad (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4183111090_Cover.pdf] Text
4183111090_Cover.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4183111090_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183111090_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 4183111090_Abstrak.pdf] Text
4183111090_Abstrak.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4183111090_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183111090_Kata_Pengantar.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 4183111090_Daftar_Isi.pdf] Text
4183111090_Daftar_Isi.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 4183111090_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183111090_Daftar_Gambar.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4183111090_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183111090_Daftar_Tabel.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 4183111090_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183111090_Daftar_Lampiran.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 4183111090_BAB_I.pdf] Text
4183111090_BAB_I.pdf

Download (798kB)
[thumbnail of 4183111090_BAB_V.pdf] Text
4183111090_BAB_V.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 4183111090_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183111090_Daftar_Pustaka.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 17 Medan dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada materi SPLDV. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 17 Medan sebanyak 24 orang siswa dan objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I diperoleh 71% siswa yang memenuhi kriteria kemampuan komunikasi matematis dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi 73% dan pada siklus II diperoleh 92%, siswa telah memenuhi kriteria kemampuan komunikasi matematis dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi 84%. Kriteria peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penelitian ini yaitu persentase banyaknya siswa yang sudah mampu mencapai kriteria kemampuan komunikasi matematisnya pada siklus II lebih tinggi dibandingkan pada siklus I, dan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus II lebih tinggi dibandingkan nilai rataˇrata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) semakin baik dari siklus I hingga siklus II. Dilihat dari hasil observasi proses pembelajaran yang mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 2,5 dengan kriteria baik di siklus I menjadi 3,6 dengan kriteria sangat baik di siklus II. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) di kelas VIII-2 SMP Negeri 17 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Komunikasi; Instrumen penelitian; Model pemebelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 06 May 2024 04:12
Last Modified: 06 May 2024 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56334

Actions (login required)

View Item
View Item