Tamimi, Muhammad (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4183111090_Cover.pdf
Download (266kB)
4183111090_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (581kB)
4183111090_Abstrak.pdf
Download (265kB)
4183111090_Kata_Pengantar.pdf
Download (394kB)
4183111090_Daftar_Isi.pdf
Download (290kB)
4183111090_Daftar_Gambar.pdf
Download (235kB)
4183111090_Daftar_Tabel.pdf
Download (264kB)
4183111090_Daftar_Lampiran.pdf
Download (262kB)
4183111090_BAB_I.pdf
Download (798kB)
4183111090_BAB_V.pdf
Download (263kB)
4183111090_Daftar_Pustaka.pdf
Download (382kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 17 Medan dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada materi SPLDV. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 17 Medan sebanyak 24 orang siswa dan objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I diperoleh 71% siswa yang memenuhi kriteria kemampuan komunikasi matematis dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi 73% dan pada siklus II diperoleh 92%, siswa telah memenuhi kriteria kemampuan komunikasi matematis dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi 84%. Kriteria peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penelitian ini yaitu persentase banyaknya siswa yang sudah mampu mencapai kriteria kemampuan komunikasi matematisnya pada siklus II lebih tinggi dibandingkan pada siklus I, dan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus II lebih tinggi dibandingkan nilai rataˇrata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) semakin baik dari siklus I hingga siklus II. Dilihat dari hasil observasi proses pembelajaran yang mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 2,5 dengan kriteria baik di siklus I menjadi 3,6 dengan kriteria sangat baik di siklus II. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) di kelas VIII-2 SMP Negeri 17 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi; Instrumen penelitian; Model pemebelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 06 May 2024 04:12 |
Last Modified: | 06 May 2024 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56334 |