Yazim, Muhammad Wahyu (2023) PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4161111047_Cover.pdf
Download (229kB)
4161111047_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (699kB)
4161111047_Abstrak.pdf
Download (485kB)
4161111047_Kata_Pengantar.pdf
Download (510kB)
4161111047_Daftar_Isi.pdf
Download (573kB)
4161111047_Daftar_Gambar.pdf
Download (355kB)
4161111047_Daftar_Tabel.pdf
Download (384kB)
4161111047_Daftar_Lampiran.pdf
Download (354kB)
4161111047_BAB_I.pdf
Download (536kB)
4161111047_BAB_V.pdf
Download (281kB)
4161111047_Daftar_Pustaka.pdf
Download (522kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui peningkatan kemapuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sei Rampah pada materi dimens tiga setelah diterapkannya teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi, dan (2) mengetahui keefektifan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi dimensi tiga. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam peneliian ini berupa tes pretest dan post test, dan
juga wawancara. Soal yang digunakan pada pretest dan post test berasal dari soalsoal UNBK SMA 2019 dan UTBK Saintek 2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sei Rampah mengenai materi Dimensi Tiga setelah diterapkan teori
pembelajaran Van Hiele berbantuan video animasi dapat dikatakan meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil post test siswa terdapat 6 orang siswa atau 40%
yang berada pada kategori penguasaan tingkat sangat tinggi dan 9 siswa atau 60% berada pada kategori tingkat tinggi. Sedangkan pada hasil pre test , terdapat 3 orang siswa atau 20% yang berada pada kategori tingkat tinggi, 2 siswa atau
13,33% pada tingkat sedang, 3 siswa atau 20% pada kategori rendah, dan 7 siswa atau 46,67% pada kategori sangat rendah. (2)Keefektifan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMA Negeri 1 Sei Rampah pada materi dimensi tiga berada pada kategori sedang. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan rata-rata nilai N-Gain sebagai perhitungan statistik untuk melihat keefektifan
penerapan teor belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa, yang diperoleh sebesar 0,696 atau 69,6%. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan Higher Order Thinking Skill
(HOTS) siswa pada materi dimensi tiga yaitu teori belajar Van Hiele dan video animasi yang dinilai dapat membantu menghilangkan abstraksi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Video animasi; Tiga dimensi; Kemapuan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 06 May 2024 03:14 |
Last Modified: | 06 May 2024 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56320 |