PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA

Yazim, Muhammad Wahyu (2023) PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4161111047_Cover.pdf] Text
4161111047_Cover.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4161111047_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4161111047_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of 4161111047_Abstrak.pdf] Text
4161111047_Abstrak.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 4161111047_Kata_Pengantar.pdf] Text
4161111047_Kata_Pengantar.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of 4161111047_Daftar_Isi.pdf] Text
4161111047_Daftar_Isi.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of 4161111047_Daftar_Gambar.pdf] Text
4161111047_Daftar_Gambar.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 4161111047_Daftar_Tabel.pdf] Text
4161111047_Daftar_Tabel.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 4161111047_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4161111047_Daftar_Lampiran.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 4161111047_BAB_I.pdf] Text
4161111047_BAB_I.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 4161111047_BAB_V.pdf] Text
4161111047_BAB_V.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 4161111047_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4161111047_Daftar_Pustaka.pdf

Download (522kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui peningkatan kemapuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sei Rampah pada materi dimens tiga setelah diterapkannya teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi, dan (2) mengetahui keefektifan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi dimensi tiga. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam peneliian ini berupa tes pretest dan post test, dan
juga wawancara. Soal yang digunakan pada pretest dan post test berasal dari soalsoal UNBK SMA 2019 dan UTBK Saintek 2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sei Rampah mengenai materi Dimensi Tiga setelah diterapkan teori
pembelajaran Van Hiele berbantuan video animasi dapat dikatakan meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil post test siswa terdapat 6 orang siswa atau 40%
yang berada pada kategori penguasaan tingkat sangat tinggi dan 9 siswa atau 60% berada pada kategori tingkat tinggi. Sedangkan pada hasil pre test , terdapat 3 orang siswa atau 20% yang berada pada kategori tingkat tinggi, 2 siswa atau
13,33% pada tingkat sedang, 3 siswa atau 20% pada kategori rendah, dan 7 siswa atau 46,67% pada kategori sangat rendah. (2)Keefektifan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMA Negeri 1 Sei Rampah pada materi dimensi tiga berada pada kategori sedang. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan rata-rata nilai N-Gain sebagai perhitungan statistik untuk melihat keefektifan
penerapan teor belajar Van Hiele berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa, yang diperoleh sebesar 0,696 atau 69,6%. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan Higher Order Thinking Skill
(HOTS) siswa pada materi dimensi tiga yaitu teori belajar Van Hiele dan video animasi yang dinilai dapat membantu menghilangkan abstraksi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Video animasi; Tiga dimensi; Kemapuan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 06 May 2024 03:14
Last Modified: 06 May 2024 03:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56320

Actions (login required)

View Item
View Item