PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKL DI SMK NEGERI 2 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

DAELI, ERNI FITRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKL DI SMK NEGERI 2 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192442013_Cover.pdf] Text
7192442013_Cover.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 7192442013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7192442013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 7192442013_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192442013_Kata_Pengantar.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 7192442013_Abstrak.pdf] Text
7192442013_Abstrak.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 7192442013_Daftar_Isi.pdf] Text
7192442013_Daftar_Isi.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 7192442013_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192442013_Daftar_Tabel.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 7192442013_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192442013_Daftar_Gambar.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 7192442013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7192442013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 7192442013_BAB_I.pdf] Text
7192442013_BAB_I.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 7192442013_BAB_V.pdf] Text
7192442013_BAB_V.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 7192442013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192442013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa yang tergolong rendah dan hasil belajar akuntansi siswa masih dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL di SMK Negeri 2 Balige Tahun Pembelajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Balige Tahun
Pembelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Team Assisted Individualization. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini
adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 13 (37,14%) yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 31 siswa (88,57%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre-test 49,43% dengan siswa yang tuntas 12 siswa (34,29) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata 68,29% dengan siswa yang tuntas 18 siswa (51,43%) dan meningkat di hasil post-test II dengan nilai rata-rata 84% dengan siswa yang tuntas 33 siswa (94,29%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa di SMK Negeri 2 Balige Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Team Assisted Individualization.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 15 May 2024 00:54
Last Modified: 15 May 2024 00:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56253

Actions (login required)

View Item
View Item