DAELI, ERNI FITRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKL DI SMK NEGERI 2 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192442013_Cover.pdf
Download (67kB)
7192442013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (434kB)
7192442013_Kata_Pengantar.pdf
Download (147kB)
7192442013_Abstrak.pdf
Download (96kB)
7192442013_Daftar_Isi.pdf
Download (79kB)
7192442013_Daftar_Tabel.pdf
Download (62kB)
7192442013_Daftar_Gambar.pdf
Download (44kB)
7192442013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (45kB)
7192442013_BAB_I.pdf
Download (315kB)
7192442013_BAB_V.pdf
Download (71kB)
7192442013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (128kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa yang tergolong rendah dan hasil belajar akuntansi siswa masih dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL di SMK Negeri 2 Balige Tahun Pembelajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Balige Tahun
Pembelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Team Assisted Individualization. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini
adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 13 (37,14%) yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 31 siswa (88,57%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre-test 49,43% dengan siswa yang tuntas 12 siswa (34,29) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata 68,29% dengan siswa yang tuntas 18 siswa (51,43%) dan meningkat di hasil post-test II dengan nilai rata-rata 84% dengan siswa yang tuntas 33 siswa (94,29%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa di SMK Negeri 2 Balige Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Team Assisted Individualization. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 May 2024 00:54 |
Last Modified: | 15 May 2024 00:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56253 |