S., ENJELINA LESTARI (2023) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA IPS SMA NEGERI 1 TANJUNG BERINGIN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7183341011_Cover.pdf
Download (87kB)
7183341011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
7183341011_Kata_Pengantar.pdf
Download (139kB)
7183341011_Abstrak.pdf
Download (101kB)
7183341011_Daftar_Isi.pdf
Download (253kB)
7183341011_Daftar_Tabel.pdf
Download (100kB)
7183341011_Daftar_Gambar.pdf
Download (71kB)
7183341011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (72kB)
7183341011_BAB_I.pdf
Download (443kB)
7183341011_BAB_V.pdf
Download (126kB)
7183341011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (220kB)
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini ialah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa IPS SMA Negeri 1 Tanjung Beringin T.A. 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa IPS SMA Negeri 1 Tanjung Beringin T.A. 2022/2023. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Beringin yang beralamat di Jalan Pahlawan Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai. Jenis penelitian ini ialah ex-post facto, dengan jumlah populasi sebanyak 276 Siswa dan jumlah sampel sebanyak 163 siswa. Pada penelitian ini, kuisioner (angket) digunakan sebagai teknik pengumpulan data dan proportional random sampling digunakan sebagai teknik pengumpulan sampel. Teknik analisis data dilakukan menggunakan program SPSS (Statistical Product And Server Solution). Temuan pada penelitian, yakni: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa IPS SMA Negeri 1 Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2022/2023, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa IPS SMA Negeri 1 Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2022/2023, (3) Variabel fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa IPS SMA Negeri 1 Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kontribusi variabel fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 59.5 persen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | fasilitas belajar, motivasi belajar, prestasi belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 May 2024 13:32 |
Last Modified: | 14 May 2024 13:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56250 |