PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBASIS LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE

MAHARANI, DWI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBASIS LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193342003_Cover.pdf] Text
7193342003_Cover.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 7193342003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193342003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (964kB)
[thumbnail of 7193342003_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193342003_Kata_Pengantar.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 7193342003_Abstrak.pdf] Text
7193342003_Abstrak.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 7193342003_Daftar_Isi.pdf] Text
7193342003_Daftar_Isi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 7193342003_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193342003_Daftar_Tabel.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 7193342003_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193342003_Daftar_Gambar.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 7193342003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193342003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 7193342003_BAB_I.pdf] Text
7193342003_BAB_I.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of 7193342003_BAB_V.pdf] Text
7193342003_BAB_V.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 7193342003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193342003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (259kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa akuntansi kelas XII Akuntansi I SMK Negeri 1 Kabanjahe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Posing berbasis Lesson Study for Learning Community. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2023/2024 dengan subjek siswa kelas XII Akuntansi I SMK Negeri 1 Kabanjahe dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing berbasis Lesson Study for Learning Community untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XII Akuntansi I SMK negeri 1 Kabanjahe tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat empat tahapan pada penelitian Tindakan Kelas yang harus dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan data kualitatif dan kuntitatif menggunakan Microsoft Excel.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa yang termasuk kategori kritis berjumlah 27,58% dan hasil belajar yang memperoleh nilai ≥75 berjumlah 72,41%, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II kemampuan berpikir kritis dengan kategori kritis meningkat hingga 89,65% dan hasil belajar siswa memperoleh nilai ≥75 meningkat hingga 93,10%. Sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Posing berbasis Lesson study for Learning Community dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Kabanjahe TA 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Problem Posing, Lesson Study for Learning Community
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 14 May 2024 00:40
Last Modified: 14 May 2024 00:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56240

Actions (login required)

View Item
View Item