MAHARANI, DWI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBASIS LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193342003_Cover.pdf
Download (89kB)
7193342003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (964kB)
7193342003_Kata_Pengantar.pdf
Download (445kB)
7193342003_Abstrak.pdf
Download (354kB)
7193342003_Daftar_Isi.pdf
Download (139kB)
7193342003_Daftar_Tabel.pdf
Download (79kB)
7193342003_Daftar_Gambar.pdf
Download (78kB)
7193342003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (79kB)
7193342003_BAB_I.pdf
Download (495kB)
7193342003_BAB_V.pdf
Download (132kB)
7193342003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (259kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa akuntansi kelas XII Akuntansi I SMK Negeri 1 Kabanjahe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Posing berbasis Lesson Study for Learning Community. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2023/2024 dengan subjek siswa kelas XII Akuntansi I SMK Negeri 1 Kabanjahe dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing berbasis Lesson Study for Learning Community untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XII Akuntansi I SMK negeri 1 Kabanjahe tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat empat tahapan pada penelitian Tindakan Kelas yang harus dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan data kualitatif dan kuntitatif menggunakan Microsoft Excel.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa yang termasuk kategori kritis berjumlah 27,58% dan hasil belajar yang memperoleh nilai ≥75 berjumlah 72,41%, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II kemampuan berpikir kritis dengan kategori kritis meningkat hingga 89,65% dan hasil belajar siswa memperoleh nilai ≥75 meningkat hingga 93,10%. Sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Posing berbasis Lesson study for Learning Community dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Kabanjahe TA 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Problem Posing, Lesson Study for Learning Community |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 May 2024 00:40 |
Last Modified: | 14 May 2024 00:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56240 |