UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI METODE ADVANCE ORGANIZER DAN PETA KONSEP PADA SISWA SMA KELAS XI

Simanjuntak, Ivena (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI METODE ADVANCE ORGANIZER DAN PETA KONSEP PADA SISWA SMA KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173111032_Cover.pdf] Text
4173111032_Cover.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 4173111032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173111032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 4173111032_Abstrak.pdf] Text
4173111032_Abstrak.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4173111032_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173111032_Kata_Pengantar.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 4173111032_Daftar_Isi.pdf] Text
4173111032_Daftar_Isi.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4173111032_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173111032_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4173111032_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173111032_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4173111032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173111032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4173111032_BAB_I.pdf] Text
4173111032_BAB_I.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 4173111032_BAB_V.pdf] Text
4173111032_BAB_V.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 4173111032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173111032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (114kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar dengan menggunakan metode advance organizer dan peta konsep. Pada penelitian ini subjek penelitian sebanyak 33 siswa yaitu penulis memilih sampel kelas XI IPA 3 SMA Sultan Iskandar Muda Medan T.A.2022/2023. Data pada penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen tes yang digunakan peneliti soal uraian yang terdiri dari 4 soal dengan menggunakan sesuai indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yang sudah disetujui atau telah dinyatakan valid oleh dosen dan guru. Dari hasil penelitian membuktikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 61,3% sedangankan untuk aktivitas belajar siswa mendapat nilai rata-rata 54,46%. Namun pada Tindakan siklus I belum mencapai ketuntasan baik secara individual maupun klasikal sehingga adanya perlakuan siklus II. Pada siklus II siswa sudah mengalami peningkatan pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yaitu 81,51% begitu juga dengan aktivitas belajar siswa 76,3%. Dengan begitu adanya selisih dari siklus I ke siklus II yaitu 20,21% pada tindakan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan 21,84% dengan peningkatan aktivitas belajar siswa. Artinya ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan aktivitas belajar dengan menggunakan metode advance organizer dan peta konsep di kelas XI IPA 3 SMAS Sultan Iskandar Muda Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Advance Organizer, Peta Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 05 May 2024 05:50
Last Modified: 05 May 2024 05:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56234

Actions (login required)

View Item
View Item