PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU LEMBAR KERJA SISWA (LKS) ESSAY DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA XI AKL SMK SWASTA JAMBI MEDAN

SITANGGANG, DINI OKTAVIA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU LEMBAR KERJA SISWA (LKS) ESSAY DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA XI AKL SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192142002_Cover.pdf] Text
7192142002_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 7192142002_Lembar_Pengesahan.PDF] Text
7192142002_Lembar_Pengesahan.PDF

Download (665kB)
[thumbnail of 7192142002_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192142002_Kata_Pengantar.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 7192142002_Abstrak.pdf] Text
7192142002_Abstrak.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 7192142002_Daftar_Isi.pdf] Text
7192142002_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 7192142002_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192142002_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 7192142002_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192142002_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 7192142002_BAB_I.pdf] Text
7192142002_BAB_I.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of 7192142002_BAB_V.pdf] Text
7192142002_BAB_V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 7192142002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192142002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (316kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI AKL SMK Swasta Jambi Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning berbantu LKS Essay. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi keaktifan siswa pada siklus I terdapat 14 siswa (46,6%) yang masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 25 siswa (83,3%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari Pre test diperoleh rata-rata nilai 46,83 dengan siswa yang tuntas 8 orang (26,6%) dan Post test siklus I dengan rata –rata nilai 65,16 dengan siswa yang tuntas 13 orang (43,3) dan meningkat di hasil Post Test siklus II dengan nilai rata-rata 85 dengan siswa yang tuntas 30 siswa (100%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantu LKS Essay dapat untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa XI AKL SMK Swasta Jambi Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi, Keaktifan belajar, LKS Essay. Problem Based Learning
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 05 May 2024 06:53
Last Modified: 05 May 2024 06:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56226

Actions (login required)

View Item
View Item