HULWAH, DINAH (2023) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 01 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191141020_Cover.pdf
Download (45kB)
7191141020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (655kB)
7191141020_Kata_Pengantar.pdf
Download (390kB)
7191141020_Abstrak.pdf
Download (526kB)
7191141020_Daftar_Isi.pdf
Download (686kB)
7191141020_Daftar_Tabel.pdf
Download (256kB)
7191141020_Daftar_Gambar.pdf
Download (251kB)
7191141020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (254kB)
7191141020_BAB_I.pdf
Download (471kB)
7191141020_BAB_V.pdf
Download (376kB)
7191141020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (226kB)
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penulis menggunakan 121 populasi sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas X SMA Muhammadiyah 01 Medan. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 73 siswa yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui pendekatan analisis faktor berupa Validitas isi atau content validity), Sedangkan pengujian reliabilitas dilaksankan pada teknik cronbach alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukuran koefisien determinasi (�2).
Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Bimbingan Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar. Adapun perolehan persamaan yang dapat dilakukan yaitu Y = 6,944 + 0,785 X1 + 1,011 X2. Hasil pengujian hipotesis dapat diketahui secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial pada variabel Bimbingan Belajar (X1) diperoleh �ℎ����� sebesar 6.811 dengan demikian �ℎ����� > ������ (6.811 > 2.648) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kedua, pada variabel fasilitas belajar belajar dirumah (X2) diperolah hasil perhitungan �ℎ����� sebesar 4.651 maka �ℎ����� > ������ (4.651 > 2.648) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan juga didapatkan data sebesar �ℎ����� > ������ yaitu 36.897> 2.74 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Oleh karena itu didapatkan pula perolehan data pada uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,520. Artinya, Bimbingan Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tu secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 52,0% dan sisanya 48,0% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2024 06:58 |
Last Modified: | 05 May 2024 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56225 |