PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 01 MEDAN T.A 2022/2023

HULWAH, DINAH (2023) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 01 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7191141020_Cover.pdf] Text
7191141020_Cover.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 7191141020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7191141020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of 7191141020_Kata_Pengantar.pdf] Text
7191141020_Kata_Pengantar.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 7191141020_Abstrak.pdf] Text
7191141020_Abstrak.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of 7191141020_Daftar_Isi.pdf] Text
7191141020_Daftar_Isi.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of 7191141020_Daftar_Tabel.pdf] Text
7191141020_Daftar_Tabel.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 7191141020_Daftar_Gambar.pdf] Text
7191141020_Daftar_Gambar.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 7191141020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7191141020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 7191141020_BAB_I.pdf] Text
7191141020_BAB_I.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 7191141020_BAB_V.pdf] Text
7191141020_BAB_V.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 7191141020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7191141020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (226kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penulis menggunakan 121 populasi sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas X SMA Muhammadiyah 01 Medan. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 73 siswa yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui pendekatan analisis faktor berupa Validitas isi atau content validity), Sedangkan pengujian reliabilitas dilaksankan pada teknik cronbach alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukuran koefisien determinasi (�2).
Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Bimbingan Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar. Adapun perolehan persamaan yang dapat dilakukan yaitu Y = 6,944 + 0,785 X1 + 1,011 X2. Hasil pengujian hipotesis dapat diketahui secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial pada variabel Bimbingan Belajar (X1) diperoleh �ℎ����� sebesar 6.811 dengan demikian �ℎ����� > ������ (6.811 > 2.648) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kedua, pada variabel fasilitas belajar belajar dirumah (X2) diperolah hasil perhitungan �ℎ����� sebesar 4.651 maka �ℎ����� > ������ (4.651 > 2.648) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan juga didapatkan data sebesar �ℎ����� > ������ yaitu 36.897> 2.74 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Oleh karena itu didapatkan pula perolehan data pada uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,520. Artinya, Bimbingan Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tu secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 52,0% dan sisanya 48,0% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 05 May 2024 06:58
Last Modified: 05 May 2024 06:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56225

Actions (login required)

View Item
View Item