PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 13 MEDAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Sihotang, Indra Dianeric (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 13 MEDAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193331018_Cover.pdf] Text
4193331018_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4193331018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193331018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of 4193331018_Abstrak.pdf] Text
4193331018_Abstrak.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4193331018_Daftar_Isi.pdf] Text
4193331018_Daftar_Isi.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4193331018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193331018_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193331018_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193331018_Daftar_Tabel.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4193331018_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193331018_Daftar_Gambar.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4193331018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193331018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4193331018_BAB_I.pdf] Text
4193331018_BAB_I.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4193331018_BAB_V.pdf] Text
4193331018_BAB_V.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4193331018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193331018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar kimia siswa, serta untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media powerpoint. Penelitian ini menggunakan dua kelas eksperimen pada kelas eksperimen I diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbasis media video pembelajaran, dan untuk kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran yang sama tetapi menggunakan media powerpoint. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata setelah diberikan pretest pada kelas eksperimen I sebesar 44,94, dan nilai rata-rata kelas eksperimen II sebesar 45,36. Setelah diberikan perlakuan, kemudian di berikan posttest, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 88,1 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II sebesar 84,5, kedua kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang tinggi setelah diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa khususnya pada materi larutan penyangga, dan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media powertpoint

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning; Media Video dan Powerpoint; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 04 May 2024 10:25
Last Modified: 04 May 2024 11:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56221

Actions (login required)

View Item
View Item