ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MIA SMA N. 1 SALAK T.P 2022/2023

Sinamo, Indah Wati (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MIA SMA N. 1 SALAK T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193341045_Cover.pdf] Text
4193341045_Cover.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4193341045_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193341045_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 4193341045_Abstrak.pdf] Text
4193341045_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4193341045_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193341045_Kata_Pengantar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4193341045_Daftar_Isi.pdf] Text
4193341045_Daftar_Isi.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4193341045_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193341045_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4193341045_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193341045_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4193341045_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193341045_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4193341045_BAB_I.pdf] Text
4193341045_BAB_I.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 4193341045_BAB_V.pdf] Text
4193341045_BAB_V.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4193341045_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193341045_Daftar_Pustaka.pdf

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar peserta didik pada aspek kognitif, afektif dan faktor penyebab dari kesulitan belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas X MIA SMA N. 1 Salak Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian dilakasanakan pada bulan Juli- Agustus di SMA N. 1 SALAK dengan memberikan soal dan angket. Metode pengumpulan data penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan pemilihan sampel menggunakan Random Sampling yang berjumlah 106 peserta didik. Data kesulitan belajar yang di dapat dari hasil belajar aspek kognitif untuk C1 sebesar 70,75 (tinggi), C2 sebesar 35,09 (rendah), C3 sebesar 69,81 (tinggi), C4 sebesar 79,87 (sangat tinggi), C5 sebesar 56,29 (tinggi) dan C6 sebesar 63,84 (tinggi). Selanjutnya pada tingkat kesulitan berdasarkan indikator belajar untuk indikator pembelajaran I sebesar 57,39 (tinggi), indikator pembelajaran II sebesar 76,23 (sangat tinggi) dan indikator pembelajaran III sebesar 38,89 (rendah). Pada aspek afektif (sikap) tingkat mempengaruhi kesulitan belajar untuk A1 sebesar 51,25 (tinggi), A2 sebesar 69,33 (tinggi), A3 sebesar 42,25 (rendah), A4 sebesar 74,12 (tinggi), A5 sebesar 72,37 (tinggi). Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar ditinjau dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi : jasmaniah (rendah), intelejensi (sangat tinggi), minat (sedang), motivasi (rendah). Sedangkan faktor eksternal meliputi: keluarga (rendah), guru (tinggi), mata pelajaran (rendah), lingkungan sekolah (sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aspek afektif; Aspek kognitif; Ekosistem; indikator pembelajaran; Kesulitan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 04 May 2024 09:34
Last Modified: 04 May 2024 09:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56220

Actions (login required)

View Item
View Item