Sinamo, Indah Wati (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MIA SMA N. 1 SALAK T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193341045_Cover.pdf
Download (117kB)
4193341045_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (364kB)
4193341045_Abstrak.pdf
Download (141kB)
4193341045_Kata_Pengantar.pdf
Download (208kB)
4193341045_Daftar_Isi.pdf
Download (168kB)
4193341045_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
4193341045_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
4193341045_Daftar_Lampiran.pdf
Download (112kB)
4193341045_BAB_I.pdf
Download (299kB)
4193341045_BAB_V.pdf
Download (113kB)
4193341045_Daftar_Pustaka.pdf
Download (334kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar peserta didik pada aspek kognitif, afektif dan faktor penyebab dari kesulitan belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas X MIA SMA N. 1 Salak Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian dilakasanakan pada bulan Juli- Agustus di SMA N. 1 SALAK dengan memberikan soal dan angket. Metode pengumpulan data penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan pemilihan sampel menggunakan Random Sampling yang berjumlah 106 peserta didik. Data kesulitan belajar yang di dapat dari hasil belajar aspek kognitif untuk C1 sebesar 70,75 (tinggi), C2 sebesar 35,09 (rendah), C3 sebesar 69,81 (tinggi), C4 sebesar 79,87 (sangat tinggi), C5 sebesar 56,29 (tinggi) dan C6 sebesar 63,84 (tinggi). Selanjutnya pada tingkat kesulitan berdasarkan indikator belajar untuk indikator pembelajaran I sebesar 57,39 (tinggi), indikator pembelajaran II sebesar 76,23 (sangat tinggi) dan indikator pembelajaran III sebesar 38,89 (rendah). Pada aspek afektif (sikap) tingkat mempengaruhi kesulitan belajar untuk A1 sebesar 51,25 (tinggi), A2 sebesar 69,33 (tinggi), A3 sebesar 42,25 (rendah), A4 sebesar 74,12 (tinggi), A5 sebesar 72,37 (tinggi). Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar ditinjau dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi : jasmaniah (rendah), intelejensi (sangat tinggi), minat (sedang), motivasi (rendah). Sedangkan faktor eksternal meliputi: keluarga (rendah), guru (tinggi), mata pelajaran (rendah), lingkungan sekolah (sangat tinggi).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aspek afektif; Aspek kognitif; Ekosistem; indikator pembelajaran; Kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 04 May 2024 09:34 |
Last Modified: | 04 May 2024 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56220 |