PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Sihombing, Mastiur Santi (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4182111042_Cover.pdf] Text
4182111042_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4182111042_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4182111042_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of 4182111042_Abstrak.pdf] Text
4182111042_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4182111042_Kata_Pengantar.pdf] Text
4182111042_Kata_Pengantar.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4182111042_Daftar_Isi.pdf] Text
4182111042_Daftar_Isi.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4182111042_Daftar_Gambar.pdf] Text
4182111042_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4182111042_Daftar_Tabel.pdf] Text
4182111042_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4182111042_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4182111042_Daftar_Lampiran.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4182111042_BAB_I.pdf] Text
4182111042_BAB_I.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 4182111042_BAB_V.pdf] Text
4182111042_BAB_V.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4182111042_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4182111042_Daftar_Pustaka.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika dalam rangka meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 33 Medan yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket keaktifan belajar siswa, tes hasil belajar siswa, dan lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan analisis dan pengamatan hasil dari penelitian tersebut diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, dapat terlihat pada siklus I siswa yang aktif dalam belajar sebesar 53,34% dan siswa yang tuntas dalam belajar sebesar 60%. Sedangkan pada siklus II siswa yang aktif sebesar 83,33% dan siswa yang tuntas dalam belajar sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa dan hasil belajar siswa mempunyai hubungan berbanding lurus yaitu semakin meningkat keaktifan siswa, maka semakin meningkat pula hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keaktifan belajar siswa; Hasil belajar siswa; Model pembelajaran problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 03 May 2024 08:28
Last Modified: 03 May 2024 08:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56208

Actions (login required)

View Item
View Item