Kurnia, Siti Adila Putri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Mengonstruksi Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193111016 COVER.pdf
Download (103kB)
2. NIM.2193111016 APPROVAL SHEET.pdf
Download (832kB)
3. NIM.2193111016 ABSTRACT.pdf
Download (136kB)
4. NIM.2193111016 PREFACE.pdf
Download (526kB)
5. NIM.2193111016 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (165kB)
6. NIM.2193111016 LIST OF TABLE.pdf
Download (70kB)
7. NIM.2193111016 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (70kB)
8. NIM.2193111016 CHAPTER I.pdf
Download (405kB)
12. NIM.2193111016 CHAPTER V.pdf
Download (97kB)
13. NIM.2193111016 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (98kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok dalam proses pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi oleh siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang masih tergolong rendah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ yang berjumlah 30 siswa, dan kelas X RPL yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan desain posttest only control design. Berdasarkan pengolaha data ditemukan hasil rata-rata dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap
kemampuan mengonstruksi teks negosiasi adalah 82,2 dengan standar deviasi 10,59 dari jumlah siswa 30 orang. Berdasarkan uji kesamaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol diketahui bahwa hasil kemampuan mengonstruksi teks negosiasi kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol (82,2 > 72,8). Hasil uji hipotesis dengan uji “’t” diperoleh thitung> ttabel atau 3,33 > 2,045 pada taraf sigifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan siswa dalam mengonstruksi teks negosiasi lebih baik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok karena menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan yang tidak menerapkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (konvensional)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Kooperatif, Investigasi Kelompok, Mengonstruksi, Teks Negosiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 03 May 2024 03:48 |
Last Modified: | 03 May 2024 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56184 |