Marbun, Imelda Ani Yolanda (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS PISA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191111002_Cover.pdf
Download (125kB)
4191111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (91kB)
4191111002_Abstrak.pdf
Download (285kB)
4191111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (175kB)
4191111002_Daftar_Isi.pdf
Download (154kB)
4191111002_Daftar_Gambar.pdf
Download (128kB)
4191111002_Daftar_Tabel.pdf
Download (271kB)
4191111002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (160kB)
4191111002_BAB_I.pdf
Download (445kB)
4191111002_BAB_V.pdf
Download (162kB)
4191111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (264kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) menciptakan hasil terbaru instrumen tes berbasis PISA guna pengukuran kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX SMP N 29 Medan yang praktis dan valid; (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX SMP N 29 Medan berdasarkan instrumen tes berbasis PISA. Butir soal yang dibuat berbentuk uraian sebanyak 4 butir. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan (Development Research) dengan menggunakan tipe pengembangan formative evaluation yang terdiri dari 2 tahap yakni; (1) tahap persiapan (preliminary) dan tahap formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 29 Medan sebanyak 30 siswa T.A 2022/2023. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa soal matematika dengan karakteristik PISA dapat dikembangkan dan berkualitas baik dilihat dari valid dan praktisnya. Hasil validasi ditunjukkan dari validitas isi oleh pakar ahli yang menyatakan “soal dapat digunakan tanpa revisi” dan validitas butir tes dengan setiap butir tes dinyatakan “valid” karena thitung ttabel pada setiap perhitungan butir tes. Nilai thitung untuk keempat soal tersebut berturut-turut 20,1; 10,1; 21,8;17,8 sedangkan ttabel yang digunakan adalah 2,05. Untuk kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik “dapat digunakan tanpa revisi” dengan persentase 97,92 % dan angket respon guru “dapat digunakan tanpa revisi” dengan persentase 100 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Berpikir kritis;Instrumen tes; Hubungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 08:02 |
Last Modified: | 02 May 2024 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56156 |