PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS PISA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Marbun, Imelda Ani Yolanda (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS PISA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191111002_Cover.pdf] Text
4191111002_Cover.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 4191111002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4191111002_Abstrak.pdf] Text
4191111002_Abstrak.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 4191111002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111002_Kata_Pengantar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4191111002_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111002_Daftar_Isi.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4191111002_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111002_Daftar_Gambar.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4191111002_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111002_Daftar_Tabel.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4191111002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4191111002_BAB_I.pdf] Text
4191111002_BAB_I.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 4191111002_BAB_V.pdf] Text
4191111002_BAB_V.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 4191111002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (264kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) menciptakan hasil terbaru instrumen tes berbasis PISA guna pengukuran kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX SMP N 29 Medan yang praktis dan valid; (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX SMP N 29 Medan berdasarkan instrumen tes berbasis PISA. Butir soal yang dibuat berbentuk uraian sebanyak 4 butir. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan (Development Research) dengan menggunakan tipe pengembangan formative evaluation yang terdiri dari 2 tahap yakni; (1) tahap persiapan (preliminary) dan tahap formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 29 Medan sebanyak 30 siswa T.A 2022/2023. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa soal matematika dengan karakteristik PISA dapat dikembangkan dan berkualitas baik dilihat dari valid dan praktisnya. Hasil validasi ditunjukkan dari validitas isi oleh pakar ahli yang menyatakan “soal dapat digunakan tanpa revisi” dan validitas butir tes dengan setiap butir tes dinyatakan “valid” karena thitung ttabel pada setiap perhitungan butir tes. Nilai thitung untuk keempat soal tersebut berturut-turut 20,1; 10,1; 21,8;17,8 sedangkan ttabel yang digunakan adalah 2,05. Untuk kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik “dapat digunakan tanpa revisi” dengan persentase 97,92 % dan angket respon guru “dapat digunakan tanpa revisi” dengan persentase 100 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Berpikir kritis;Instrumen tes; Hubungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 02 May 2024 08:02
Last Modified: 02 May 2024 08:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56156

Actions (login required)

View Item
View Item