Marbun, Qadri Maulida (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Kelas V SD Muhammadiyah 25 Medan T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111080 COVER.pdf
Download (2MB)
2. NIM. 1183111080 APPROVAL SHEET.pdf
Download (2MB)
3. NIM. 1183111080 ABSTRACT.pdf
Download (2MB)
4. NIM. 1183111080 PREFACE.pdf
Download (2MB)
5. NIM. 1183111080 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (2MB)
6. NIM. 1183111080 TABLES.pdf
Download (2MB)
7. NIM. 1183111080 ILLUSTRATION.pdf
Download (2MB)
8. NIM. 1183111080 APPENDICES.pdf
Download (2MB)
9. NIM. 1183111080 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
13. NIM. 1183111080 CHAPTER V.pdf
Download (2MB)
14. NIM. 1183111080 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 2 di kelas V SD Muhammadiyah 25 Medan T.A. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah pre-ekperimental dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-postest design. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta kelas V yang berjumlah 26 peserta didik, 15 orang peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi dimana seluruh peserta didik sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, test dan dikumentasi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes objektif sebanyak 20 butir soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T-test. Hasil penelitian diperoleh : 1) rata-rata hasil belajar pretest sebesar dan hasil belajar posttest sebesar. Berdasarkan analisis statistic dengan menggunakan Ms. Excel, data distribusi normal dengan nilai data pretest Lhitung < Ltabel atau 0,123 < 0,161 dan posttest Lhitung < Ltabel atau 0,14 < 0,161 . 2) Hasil uji efektivitas dengan menggunakan n-Gain sebesar 0,70926 yang menunjukkan hasil belajar siswa yang efektif. 3) Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung sebesar -18,258 dan ttabel sebesar 2,059 sehingga menunjukkan Ha diterima Ho ditolak dengan pengertian terdapat pengaruh model pembelajaran teams games tournament pada tema 2 subtema 1 kelas V SD Muhammadiyah 25 Medan T.A. 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Teams Games Tournament; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 May 2024 07:51 |
Last Modified: | 02 May 2024 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56150 |