Fatma, Ikke (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191111030_Cover.pdf
Download (50kB)
4191111030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (490kB)
4191111030_Abstrak.pdf
Download (179kB)
4191111030_Kata_Pengantar.pdf
Download (204kB)
4191111030_Daftar_Isi.pdf
Download (150kB)
4191111030_Daftar_Gambar.pdf
Download (85kB)
4191111030_Daftar_Tabel.pdf
Download (121kB)
4191111030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (90kB)
4191111030_BAB_I.pdf
Download (638kB)
4191111030_BAB_V.pdf
Download (116kB)
4191111030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (207kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari bahan ajar matematika bernuansa Etnomatematka yang dikembangkan yang dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII MTs Swasta Al Ishlahiyah Binjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan ( Research and Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (a) lembar angket validasi materi dan media pembelajaran; (b) lembar angket kepraktisan guru dan siswa; (c) soal pretest dan posttest; dan (d) lembar angket respon keefektifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika bernuansa etnomatematika yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Hal ini ditinjau dari hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi dengan skor persentase 89,60% dan ahli media dengan skor yaitu94,47% dengan kategori “sangat valid”. Bahan ajar yang digunakan juga praktis dengan skor kepraktisan oleh guru sebesar 89,57% dan skor kepraktisan oleh siswa 84,73% dengan kategori “ sangat praktis”. Selanjutnya keefektifan bahan ajar diukur dari ketuntasan belajar klasikal siswa yang mencapai 85% , rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 0,66 dan melalui uji N-Gain menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan dengan kategori peningkatan sedang. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bernuansa etnomatematika yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Etno matematika; bahan ajar; Pemecahan masalah sistematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 07:36 |
Last Modified: | 02 May 2024 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56148 |