PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Fatma, Ikke (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191111030_Cover.pdf] Text
4191111030_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4191111030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 4191111030_Abstrak.pdf] Text
4191111030_Abstrak.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4191111030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111030_Kata_Pengantar.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4191111030_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111030_Daftar_Isi.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4191111030_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111030_Daftar_Gambar.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4191111030_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111030_Daftar_Tabel.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4191111030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4191111030_BAB_I.pdf] Text
4191111030_BAB_I.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of 4191111030_BAB_V.pdf] Text
4191111030_BAB_V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4191111030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari bahan ajar matematika bernuansa Etnomatematka yang dikembangkan yang dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII MTs Swasta Al Ishlahiyah Binjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan ( Research and Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (a) lembar angket validasi materi dan media pembelajaran; (b) lembar angket kepraktisan guru dan siswa; (c) soal pretest dan posttest; dan (d) lembar angket respon keefektifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika bernuansa etnomatematika yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Hal ini ditinjau dari hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi dengan skor persentase 89,60% dan ahli media dengan skor yaitu94,47% dengan kategori “sangat valid”. Bahan ajar yang digunakan juga praktis dengan skor kepraktisan oleh guru sebesar 89,57% dan skor kepraktisan oleh siswa 84,73% dengan kategori “ sangat praktis”. Selanjutnya keefektifan bahan ajar diukur dari ketuntasan belajar klasikal siswa yang mencapai 85% , rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 0,66 dan melalui uji N-Gain menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan dengan kategori peningkatan sedang. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bernuansa etnomatematika yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Etno matematika; bahan ajar; Pemecahan masalah sistematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 02 May 2024 07:36
Last Modified: 02 May 2024 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56148

Actions (login required)

View Item
View Item