Rangkuti, Hilda Aufa (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Desain Bangunan Dengan Komputer Menggunakan Autocad Sebagai Media Belajar Mandiri di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173111012 COVER.pdf
Download (69kB)
2. NIM. 5173111012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (438kB)
3. NIM. 5173111012 ABSTRACT.pdf
Download (67kB)
4. NIM. 5173111012 PREFACE.pdf
Download (116kB)
5. NIM. 5173111012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (90kB)
6. NIM. 5173111012 ILLUSTRATION.pdf
Download (35kB)
7. NIM. 5173111012 TABLES.pdf
Download (35kB)
8. NIM. 5173111012 APPENDICES.pdf
Download (36kB)
9. NIM. 5173111012 CHAPTER I.pdf
Download (300kB)
13. NIM. 5173111012 CHAPTER V.pdf
Download (107kB)
14. NIM. 5173111012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (61kB)
Abstract
Secara struktural mahasiswa lebih dituntut mencari informasi secara mandiri mengingat keterbatasan waktu dalam pembelajaran tatap muka di kampus, sehingga dibutuhkan media pembelajaran sebagai sarana belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengembangkan media pembelajaran menggunakan AutoCad dalam bentuk video pada mata kuliah Desain Bangunan Dengan Komputer sebagai media belajar mandiri di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan, (2)Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan AutoCad dalam bentuk video pada mata kuliah Desain Bangunan Dengan Komputer sebagai media belajar mandiri di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan. Lokasi penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development) dengan pengembangan model ADDIE. Pengembangan model ADDIE meliputi tahapan analyze(analisis), design (perancangan), development (pengemangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan media pembelajaran dalam benuk video menggunakan AutoCad melalui validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta dilakukan penilaian oleh pengguna (mahasiswa). Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, video pembelajaran yang dikembangkan mencakup materi tentang cara menggambar denah, tampak, dan potongan pada bangunan. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor 4,85 dengan interpretasi “sangat layak”, hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor 3,67 dengan interpretasi “layak”, dan hasil pengujian kelayakan oleh ahli bahasa mendapatkan skor 4,1 dengan interpretasi “layak”. Hasil uji coba produk pada pengguna mendapatkan skor 4,13 dengan interpretasi “layak”. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran menggunakan AutoCad layak digunakan dan dapat digunakan sebagai media belajar mandiri mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Video Pembelajaran AutoCad |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > T Technology (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 May 2024 06:09 |
Last Modified: | 02 May 2024 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56131 |