PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI KELAS VII

Tanjung, Herni Savana (2023) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191151015_Cover.pdf] Text
4191151015_Cover.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4191151015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191151015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (807kB)
[thumbnail of 4191151015_Abstrak.pdf] Text
4191151015_Abstrak.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 4191151015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191151015_Kata_Pengantar.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4191151015_Daftar_Isi.pdf] Text
4191151015_Daftar_Isi.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 4191151015_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191151015_Daftar_Gambar.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 4191151015_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191151015_Daftar_Tabel.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4191151015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191151015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4191151015_BAB_I.pdf] Text
4191151015_BAB_I.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 4191151015_BAB_V.pdf] Text
4191151015_BAB_V.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4191151015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191151015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET terhadap hasil belajar dan aktivitas IPA siswa pada materi energi kelas VII SMP N 28 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas VII-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 84,84 dengan standart deviasi 8,47 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 77,03 dengan standart deviasi 6,45. Aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan, pada pertemuan pertama sebesar 50% (cukup aktif), pertemuan kedua sebesar 65,41% (aktif) dan pertemuan ketiga sebesar 80% (sangat aktif) dengan rata-rata skor sebesar 65,13 dengan kategori aktif. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 4,14 dan ttabel = 1,66. Presentase peningkatan N-gain hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 0,79 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol adalah 0,67 dengan kategori sedang. Selisih peningkatan hasil belajar kedua kelas tersebut sebesar 0,12 atau 12%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi energi kelas VII SMP N 28 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Inkuiri terbimbing; Instrumen penelitian; Aktivitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 02 May 2024 05:32
Last Modified: 02 May 2024 05:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56126

Actions (login required)

View Item
View Item