Tanjung, Herni Savana (2023) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191151015_Cover.pdf
Download (184kB)
4191151015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (807kB)
4191151015_Abstrak.pdf
Download (72kB)
4191151015_Kata_Pengantar.pdf
Download (182kB)
4191151015_Daftar_Isi.pdf
Download (498kB)
4191151015_Daftar_Gambar.pdf
Download (347kB)
4191151015_Daftar_Tabel.pdf
Download (176kB)
4191151015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (214kB)
4191151015_BAB_I.pdf
Download (340kB)
4191151015_BAB_V.pdf
Download (157kB)
4191151015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (271kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET terhadap hasil belajar dan aktivitas IPA siswa pada materi energi kelas VII SMP N 28 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas VII-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 84,84 dengan standart deviasi 8,47 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 77,03 dengan standart deviasi 6,45. Aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan, pada pertemuan pertama sebesar 50% (cukup aktif), pertemuan kedua sebesar 65,41% (aktif) dan pertemuan ketiga sebesar 80% (sangat aktif) dengan rata-rata skor sebesar 65,13 dengan kategori aktif. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 4,14 dan ttabel = 1,66. Presentase peningkatan N-gain hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 0,79 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol adalah 0,67 dengan kategori sedang. Selisih peningkatan hasil belajar kedua kelas tersebut sebesar 0,12 atau 12%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi energi kelas VII SMP N 28 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Instrumen penelitian; Aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 05:32 |
Last Modified: | 02 May 2024 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56126 |