Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning (Menerapkan Focus Group Discussion Dan Google Classroom) Dan Kemampuan Berpikir Abstrak Terhadap Hasil Belajar Siswa

Parhusip, Ridwan Hardyanto (2021) Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning (Menerapkan Focus Group Discussion Dan Google Classroom) Dan Kemampuan Berpikir Abstrak Terhadap Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5153131027 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5153131027 COVER.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5153131027 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5153131027 APPROVAL SHEET.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5153131027 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5153131027 ABSTRACT.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5153131027 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5153131027 PREFACE.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5153131027 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5153131027 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5153131027 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5153131027 TABLES.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5153131027 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5153131027 ILLUSTRATION.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5153131027 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5153131027 APPENDICES.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5153131027 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5153131027 CHAPTER I.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5153131027 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5153131027 CHAPTER V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5153131027 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5153131027 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui model pembelajaran blended learning dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. (2) Mengetahui pembelajaran tatap muka dengan menerapkan focus group discussion dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. (3) Mengetahui pembelajaran online dengan menerapkan google classroom dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. (4) Mengetahui kemampuan berpikir abstrak dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Sampel dalam penelitian ini adalah dilakukan secara total sampling. Dimana setiap variabel penelitian ini masing-masing 10 artikel sehingga total keseluruhan 40 artikel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara mendownload dari beberapa artikel yang bersumber dari website portal artikel melalui akses internet. Data dalam penelitian ini adalah data berjenis data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis induksi. Hasil penelitian diperoleh: (1) Ha diterima yaitu model pembelajaran blended learning dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. (2) Ha diterima yaitu pembelajaran tatap muka dengan menerapkan focus group discussion dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. (3) Ha diterima yaitu pembelajaran online dengan menerapkan google classroom dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. (4) Ha diterima yaitu kemampuan berpikir abstrak dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diperoleh: (1) Model pembelajaran blended learning dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, itu dibuktikan 9 artikel menyatakan kuat bahwa model pembelajaran blended learning dapat berpengaruhi positif atau meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Pembelajaran tatap muka dengan menerapkan focus group discussion dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, itu dibuktikan 6 artikel menyatakan kuat bahwa pembelajaran tatap muka melalui focus group discussion dapat berpengaruhi positif atau meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Pembelajaran online dengan menerapkan google classroom dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, itu dibuktikan 5 artikel menyatakan kuat bahwa pembelajaran online melalui google classroom dapat berpengaruhi positif atau meningkatkan hasil belajar siswa. (4) Kemampuan berpikir abstrak dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, itu dibuktikan 10 artikel menyatakan kuat bahwa kemampuan berpikir abstrak dapat berpengaruhi positif atau meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Blended Learning, Focus Group Discussion; Google Classroom; Kemampuan Berpikir Abstrak; Hasil Belajar Siswa
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 May 2024 04:19
Last Modified: 02 May 2024 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56114

Actions (login required)

View Item
View Item