Lubis, Putri Ardiani (2023) Pengaruh Model Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA N 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2191111005 COVER.pdf
Download (402kB)
2. NIM.2191111005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (763kB)
3. NIM.2191111005 ABSTRACT.pdf
Download (534kB)
4. NIM.2191111005 PREFACE.pdf
Download (84kB)
5. NIM.2191111005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (526kB)
6. NIM.2191111005 LIST OF FIGURE.pdf
Download (365kB)
7. NIM.2191111005 LIST OF TABLE.pdf
Download (478kB)
8. NIM.2191111005 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (375kB)
9. NIM.2191111005 CHAPTER I.pdf
Download (1MB)
13. NIM.2191111005 CHAPTER V.pdf
Download (612kB)
14. NIM.2191111005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (543kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA N 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri atas 9 kelas yang berjumlah 324 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA-1 berjumlah 36 siswa dan X MIA-2 berjumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode dengan desain penelitian two group posttest design. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dengan model Diskursus Multi Representasi (DMR) = 86,33, standar deviasi 7,079 sedangkan nilai rata-rata kelas
kontrol dengan model konvensional (ceramah) = 73,86, standar deviasi 6,94. Berdasarkan uji normalitas yang dilakukan pada hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas post test dinyatakan bahwa sampel kedua variabel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan maka diketahui Thitung = 7,55 Setelah Thitung diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% atau 0,05 dengan df=n-1, df=36-1=35 diperoleh taraf signifikansi 5% adalah 1,689. Oleh karena Thitung yang diperoleh lebih besar dari Ttabel yaitu 7,55 > 1,689 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan
Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model Diskursus Multi Representasi Berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA N 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Model Diskursus Multi Representasi (DMR), Menulis Teks Negosiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:44 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56104 |