Pengaruh Model Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA N 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023

Lubis, Putri Ardiani (2023) Pengaruh Model Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA N 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2191111005 COVER.pdf] Text
1. NIM.2191111005 COVER.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 2. NIM.2191111005 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2191111005 APPROVAL SHEET.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of 3. NIM.2191111005 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2191111005 ABSTRACT.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of 4. NIM.2191111005 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2191111005 PREFACE.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 5. NIM.2191111005 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2191111005 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of 6. NIM.2191111005 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2191111005 LIST OF FIGURE.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 7. NIM.2191111005 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2191111005 LIST OF TABLE.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 8. NIM.2191111005 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
8. NIM.2191111005 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 9. NIM.2191111005 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM.2191111005 CHAPTER I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM.2191111005 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.2191111005 CHAPTER V.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of 14. NIM.2191111005 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.2191111005 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (543kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA N 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri atas 9 kelas yang berjumlah 324 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA-1 berjumlah 36 siswa dan X MIA-2 berjumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode dengan desain penelitian two group posttest design. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dengan model Diskursus Multi Representasi (DMR) = 86,33, standar deviasi 7,079 sedangkan nilai rata-rata kelas
kontrol dengan model konvensional (ceramah) = 73,86, standar deviasi 6,94. Berdasarkan uji normalitas yang dilakukan pada hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas post test dinyatakan bahwa sampel kedua variabel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan maka diketahui Thitung = 7,55 Setelah Thitung diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% atau 0,05 dengan df=n-1, df=36-1=35 diperoleh taraf signifikansi 5% adalah 1,689. Oleh karena Thitung yang diperoleh lebih besar dari Ttabel yaitu 7,55 > 1,689 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan
Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model Diskursus Multi Representasi Berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA N 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, Model Diskursus Multi Representasi (DMR), Menulis Teks Negosiasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 May 2024 03:44
Last Modified: 02 May 2024 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56104

Actions (login required)

View Item
View Item