Hasnah, Nur (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Galang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192411003 COVER.pdf
Download (157kB)
2. NIM.2192411003 APPROVAL SHEET.pdf
Download (718kB)
3. NIM.2192411003 ABSTRACT.pdf
Download (215kB)
4. NIM.2192411003 PREFACE.pdf
Download (194kB)
5. NIM.2192411003 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (272kB)
6. NIM.2192411003 LIST OF FIGURE.pdf
Download (210kB)
7. NIM.2192411003 LIST OF TABLE.pdf
Download (240kB)
8. NIM.2192411003 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (211kB)
9. NIM.2192411003 CHAPTER I.pdf
Download (354kB)
13. NIM.2192411003 CHAPTER V.pdf
Download (142kB)
14. NIM.2192411003 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (272kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran problem based learning berbantu media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-5 sebanyak 24 siswa (kelas kontrol) dan VIII-7 sebanyak 28 siswa (kelas eksperimen) di SMP Negeri 1 Galang, yang ditentukan secara Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes (posttest). Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol yakni 62 dan standar deviasi 7,59 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yakni 88,64 dan standar deviasi 6,18. Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa data posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistrbusi normal dan homogen. Dikonsultasikan thitung dengan tabel t taraf signifikansi a=0,05 dengan dk=n1 + n2 -2 = 28 + 24 - 2= 50 diperoleh ttabel = 1,675905. Karena thitung > ttabel yaitu 13,95 > 1,68, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hasil uji hipotesis menunjukkan
bahwa strategi pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi, Problem Based Learning, Menulis, Teks Persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:07 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56094 |