Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Galang

Hasnah, Nur (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Galang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2192411003 COVER.pdf] Text
1. NIM.2192411003 COVER.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 2. NIM.2192411003 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2192411003 APPROVAL SHEET.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of 3. NIM.2192411003 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2192411003 ABSTRACT.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4. NIM.2192411003 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2192411003 PREFACE.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 5. NIM.2192411003 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2192411003 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 6. NIM.2192411003 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2192411003 LIST OF FIGURE.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 7. NIM.2192411003 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2192411003 LIST OF TABLE.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 8. NIM.2192411003 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
8. NIM.2192411003 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 9. NIM.2192411003 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM.2192411003 CHAPTER I.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 13. NIM.2192411003 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.2192411003 CHAPTER V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 14. NIM.2192411003 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.2192411003 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran problem based learning berbantu media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-5 sebanyak 24 siswa (kelas kontrol) dan VIII-7 sebanyak 28 siswa (kelas eksperimen) di SMP Negeri 1 Galang, yang ditentukan secara Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes (posttest). Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol yakni 62 dan standar deviasi 7,59 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yakni 88,64 dan standar deviasi 6,18. Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa data posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistrbusi normal dan homogen. Dikonsultasikan thitung dengan tabel t taraf signifikansi a=0,05 dengan dk=n1 + n2 -2 = 28 + 24 - 2= 50 diperoleh ttabel = 1,675905. Karena thitung > ttabel yaitu 13,95 > 1,68, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hasil uji hipotesis menunjukkan
bahwa strategi pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi, Problem Based Learning, Menulis, Teks Persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 May 2024 03:07
Last Modified: 02 May 2024 03:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56094

Actions (login required)

View Item
View Item