GINTING, DESWIN (2023) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7183342010_Cover.pdf
Download (229kB)
7183342010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (679kB)
7183342010_Kata_Pengantar.pdf
Download (528kB)
7183342010_Abstrak.pdf
Download (348kB)
7183342010_Daftar_Isi.pdf
Download (649kB)
7183342010_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
7183342010_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
7183342010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (209kB)
7183342010_BAB_I.pdf
Download (580kB)
7183342010_BAB_V.pdf
Download (272kB)
7183342010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (356kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum Optimalnya Hasil Belajar Siswa Akuntansi Kelas X SMK Negeri 6 Medan selama proses pembelajaran berlangsung. Dikarenakan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar yang kurang optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Akuntansi Smk Negeri 6 Medan Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK negeri 6 medan tepatnya pada kelas X Akuntansi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian ini adalah 108 orang dan sampel yang digunakan 108 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan Dokumentasi dan Angket. Dokumentasi mengambil nilai hasil belajar sedangkan angket penelitian terdiri dari 22 pernyataan dengan skala likert 4 point 10 pernyataan untuk minat belajar dan 12 pernyataan untuk motivasi belajar. Angket penelitian ini diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang dikumpulkan diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 49.174 + 0,301 X1 + 0,783 X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai T hitung (2,953) > T tabel (1.659) dengan nilai signifikan 0,004 < 0,05. Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai T hitung (7,842) > T tabel (1,159) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan, variabel bebas bersama – sama berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi dengan F hitung (58,423) > F tabel (3,082). Dengan besarnya pengaruh variabel bebas tersebut adalah 52,7 % dan sisanya 47,3 % dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan minat belajar dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 May 2024 15:18 |
Last Modified: | 04 May 2024 15:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56064 |