PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN

GINTING, DESWIN (2023) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7183342010_Cover.pdf] Text
7183342010_Cover.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 7183342010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7183342010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of 7183342010_Kata_Pengantar.pdf] Text
7183342010_Kata_Pengantar.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 7183342010_Abstrak.pdf] Text
7183342010_Abstrak.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 7183342010_Daftar_Isi.pdf] Text
7183342010_Daftar_Isi.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of 7183342010_Daftar_Tabel.pdf] Text
7183342010_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 7183342010_Daftar_Gambar.pdf] Text
7183342010_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 7183342010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7183342010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 7183342010_BAB_I.pdf] Text
7183342010_BAB_I.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 7183342010_BAB_V.pdf] Text
7183342010_BAB_V.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 7183342010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7183342010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (356kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum Optimalnya Hasil Belajar Siswa Akuntansi Kelas X SMK Negeri 6 Medan selama proses pembelajaran berlangsung. Dikarenakan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar yang kurang optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Akuntansi Smk Negeri 6 Medan Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK negeri 6 medan tepatnya pada kelas X Akuntansi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian ini adalah 108 orang dan sampel yang digunakan 108 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan Dokumentasi dan Angket. Dokumentasi mengambil nilai hasil belajar sedangkan angket penelitian terdiri dari 22 pernyataan dengan skala likert 4 point 10 pernyataan untuk minat belajar dan 12 pernyataan untuk motivasi belajar. Angket penelitian ini diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang dikumpulkan diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 49.174 + 0,301 X1 + 0,783 X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai T hitung (2,953) > T tabel (1.659) dengan nilai signifikan 0,004 < 0,05. Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai T hitung (7,842) > T tabel (1,159) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan, variabel bebas bersama – sama berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi dengan F hitung (58,423) > F tabel (3,082). Dengan besarnya pengaruh variabel bebas tersebut adalah 52,7 % dan sisanya 47,3 % dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan minat belajar dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 May 2024 15:18
Last Modified: 04 May 2024 15:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56064

Actions (login required)

View Item
View Item