PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

SIMBOLON, CHRISTINA (2023) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193141006_Cover.pdf] Text
7193141006_Cover.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 7193141006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193141006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 7193141006_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193141006_Kata_Pengantar.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 7193141006_Abstrak.pdf] Text
7193141006_Abstrak.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 7193141006_Daftar_Isi.pdf] Text
7193141006_Daftar_Isi.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 7193141006_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193141006_Daftar_Tabel.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 7193141006_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193141006_Daftar_Gambar.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 7193141006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193141006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 7193141006_BAB_I.pdf] Text
7193141006_BAB_I.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of 7193141006_BAB_V.pdf] Text
7193141006_BAB_V.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 7193141006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193141006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (546kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap prokrasttinasi akademik pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2020 Universitas Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan indeks validitas isi yang diusulkan oleh Aiken dan uji reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial, uji hipotesis simultan dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel fasilitas belajar (X1) memiliki pengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik karena memiliki nilai thitung > ttabel (-4,088 > 1,664). Variabel motivasi belajar memiliki pengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik karena memiliki nilai thitung > ttael (-3,306 > 1,664). Secara simultan variabel fasilitas belajar (X1) dan variabel motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung yang besarnya 13,529 yang lebih besar dari Ftabel yakni sebesar 3,11. Hasil perhitungan menggunakan regresi linear berganda, didapat koefisien regresi Y = 115,957 + (-0,273X1) + (-0,350X2). Fasilitas belajar dan motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 25,3% terhadap prokrastinasi akademik yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 0,253, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar analisa penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka ditarik keismpulan bahwa baik secara parsial maupun simultan Fasilitas Belajar (X1) dan Motivasi Belajar (X2) berpengaruh secara negatif terhadap Prokrastinasi Akademik (Y) pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 Universitas Negeri Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Prokrastinasi Akademik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 May 2024 14:13
Last Modified: 01 May 2024 14:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56052

Actions (login required)

View Item
View Item