SIMBOLON, CHRISTINA (2023) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193141006_Cover.pdf
Download (221kB)
7193141006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (273kB)
7193141006_Kata_Pengantar.pdf
Download (480kB)
7193141006_Abstrak.pdf
Download (410kB)
7193141006_Daftar_Isi.pdf
Download (538kB)
7193141006_Daftar_Tabel.pdf
Download (357kB)
7193141006_Daftar_Gambar.pdf
Download (238kB)
7193141006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (240kB)
7193141006_BAB_I.pdf
Download (913kB)
7193141006_BAB_V.pdf
Download (434kB)
7193141006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (546kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap prokrasttinasi akademik pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2020 Universitas Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan indeks validitas isi yang diusulkan oleh Aiken dan uji reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial, uji hipotesis simultan dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel fasilitas belajar (X1) memiliki pengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik karena memiliki nilai thitung > ttabel (-4,088 > 1,664). Variabel motivasi belajar memiliki pengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik karena memiliki nilai thitung > ttael (-3,306 > 1,664). Secara simultan variabel fasilitas belajar (X1) dan variabel motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung yang besarnya 13,529 yang lebih besar dari Ftabel yakni sebesar 3,11. Hasil perhitungan menggunakan regresi linear berganda, didapat koefisien regresi Y = 115,957 + (-0,273X1) + (-0,350X2). Fasilitas belajar dan motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 25,3% terhadap prokrastinasi akademik yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 0,253, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar analisa penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka ditarik keismpulan bahwa baik secara parsial maupun simultan Fasilitas Belajar (X1) dan Motivasi Belajar (X2) berpengaruh secara negatif terhadap Prokrastinasi Akademik (Y) pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Prokrastinasi Akademik |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 May 2024 14:13 |
Last Modified: | 01 May 2024 14:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56052 |