SARAGIH, DHEBORA NATASYA (2023) PENGARUH PELAKSANAAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN II TERHADAP MINAT BERKARIR MENJADI GURU MELALUI SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191142006_Cover.pdf
Download (130kB)
7191142006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (3MB)
7191142006_Kata_Pengantar.pdf
Download (247kB)
7191142006_Abstrak.pdf
Download (328kB)
7191142006_Daftar_Isi.pdf
Download (316kB)
7191142006_Daftar_Tabel.pdf
Download (253kB)
7191142006_Daftar_Gambar.pdf
Download (186kB)
7191142006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (188kB)
7191142006_BAB_I.pdf
Download (472kB)
7191142006_BAB_V.pdf
Download (276kB)
7191142006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (309kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi untuk berkarir menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II terhadap minat mahasiswa untuk berkarir menjadi guru melalui self efficacy sebagai variable intervening.
Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan Jalan Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate pada semester genap T.A 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari program studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 FE UNIMED yang berjumlah 63 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui penyebaran angket.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Berdasarkan pengujian hipotesisi pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pelaksanaan PLP II terhadap minat berkarir menajadi guru dengan t hitung > t tabel 3.866 > 2.00030 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Pelaksanaan PLP II juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap self efficacy dengan nilai t hitung > t table 2.900 > 2.00030 dan nilai signifikan 0.005 < 0.05. Self Efficacy juga turut berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkarir menjadi guru terbukti dengan nilai t hitung > t table, 6.790 > 2.00030 serta nilai signifikan 0.000 < 0.05. Namun, self efficacy tidak terbukti dapat memediasi pengaruh antara pelaksanaan PLP II dengan minat berkarir menjadi guru, karena pengaruh langsung lebih besar daripada pengaruh tak langsungnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pelaksanaan PLP II, Minat Berkarir Menjadi Guru, Self Efficacy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2024 07:29 |
Last Modified: | 05 May 2024 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56027 |